Gus Ipul Sambut Baik UMKM Digifest Sebagai Upaya Majukan UMKM Kota Pasuruan

Gus Ipul Sambut Baik UMKM Digifest Sebagai Upaya Majukan UMKM Kota Pasuruan Gus Ipul saat membuka UMKM Digital Festival yang digelar oleh Telkom Indonesia Witel Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan membuka secara resmi UMKM Digital Festival (Digifest) yang digelar oleh , Selasa (12/9/2023).

Festival yang berlangsung selama dua hari, yakni 12-13 September 2023, ini dimanfaatkan sejumlah UMKM lokal Kota Pasuruan untuk mempromosikan produknya. juga menyempatkan untuk meninjau both milik UMKM peserta festival yang berjajar di halaman Kantor Telkom Kota Pasuruan. Beberapa produk lokal unggulan ikut andil dalam festival ini.

Baca Juga: ​Gebyar Hari Anak Nasional Kota Pasuruan, Gus Ipul: Semoga Jadi Pemimpin Masa Depan

Ia mengapresiasi dan menyambut baik inisiasi yang telah menggelar festival UMKM. Menurutnya, hadirnya festival semacam ini turut mendukung percepatan kemajuan UMKM dan perekonomian Kota Pasuruan.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kegiatan seperti ini pada dasarnya turut mendukung percepatan kemajuan Kota Pasuruan secara umum, khususnya bidang ekonomi,” ujar wali kota yang karib disapa tersebut.

Dalam kesempatan itu,  meminta para pelaku UMKM untuk dapat melebarkan sayap dengan memanfaatkan teknologi. Sebab transformasi digital sudah menjadi suatu keharusan bagi para pelaku usaha agar dapat bertahan dan terus berkembang.

Baca Juga: Dorong UKM dan IKM, Gus Ipul dan Istri Resmikan Galeri Dekranasda di Alun-Alun Kota Pasuruan

“Kita semua harus bertransformasi, teman-teman UMKM harus bertransformasi, bagaimana menjalankan usaha disesuaikan dengan kebutuhan hari ini, sehingga usaha kita tidak hanya dapat bertahan, tapi juga dapat terus berkembang dengan mengikutkan tekonologi dalam mengembangkan usaha kita,” kata .

Lebih lanjut, menuturkan bahwa UMKM menjadi penopang utama perekonomian di Indonesia. Mengingat, daya serap tenaga kerja oleh UMKM yang sangat besar.

“Yang diserap oleh UMKM itu tenaga kerjanya lebih dari 90%, sementara usaha besar tidak lebih dari 5%. Inilah kekuatan ekonomi kita yang harus dijaga bersama,” terangnya.

Baca Juga: Wali Kota Pasuruan Harap Bantuan RTLH Bisa Tingkatkan Kenyamanan untuk Masyarakat

menegaskan bahwa pemerintah tidak dapat bergerak sendiri dalam menjaga eksistensi UMKM di Kota Pasuruan di tengah-tengah perkembangan ekonomi digital yang sangat cepat. Ia menerangkan bahwa hal ini menjadi tanggung jawab bersama dan memerlukan bantuan dari pihak swasta.

“Saya senang sekali Telkom Witel Kota Pasuruan membuat kegiatan festival UMKM yang menjadi salah satu tanggung jawab bersama dalam mendukung . Pemerintah tidak bisa sendirian, perlu bantuan swasta termasuk BUMN dalam rangka menjaga supaya UMKM kita terus bertahan di tengah kemajuan tekonologi yang luar biasa,” ujarnya.

Melalui kegitan ini, ia berharap para pelaku UMKM dapat terpacu dan memiliki tekad dalam bertransformasi agar dapat naik kelas.

Baca Juga: Amanat Gus Ipul saat Pelantikan Anggota DPRD Kota Pasuruan Periode 2024-2029

“Bukan kali pertama, kegiatan ini adalah salah satu dari sekian banyak upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Telkom yang telah melakukan kegiatan ini di berbagai tempat. Pemerintah Kota Pasuruan melalui dinas koperasi, juga dinas lain, mencoba menopang UMKM. Dengan kegiatan ini diharapkan memacu UMKM kita bisa lebih punya tekad yang kuat dalam rangka bertransformasi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Executive Vice President Telkom Regional V Area Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Teddy Hartadi, menyampaikan event ini merupakan upaya dan kontribusi Telkom Indonesia dalam mendukung kemajuan dunia UMKM.

“Kegiatan UMKM fest ini dilatarbelakangi dari data sekitar 60 juta UMKM se-Indonesia yang terhubung ke digitalisasi masih 13%. Ini menjadi upaya dan kontribusi kami Telkom Indonesia khususnya di Kota Pasuruan untuk bisa membantu masyarakat dan meningkatkan perekonomian Kota Pasuruan khususnya dunia UMKM,” ujar Teddy.

Baca Juga: Buka Sosialisasi SIMBG, Wali Kota Pasuruan Ajak Pengusaha Ikuti Aturan Undang-Undang

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Stastistika, Kepala Dinas Perhubungan, Camat Purworejo, dan General Manager Manager Telkom Pasuruan.(par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO