Sukses Kelola DBHCHT, Pemkot Kediri Terima Kunker dari Pemkab Mojokerto

Sukses Kelola DBHCHT, Pemkot Kediri Terima Kunker dari Pemkab Mojokerto Rombongan Satpol PP Kabupaten Mojokerto saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Keberhasilan Pemkot dalam mengimplementasikan pengelolaan (dana bagi hasil cukai hasil tembakau) membuat Satpol PP Kabupaten Mojokerto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Tahu, Rabu (13/9/2023).

Agenda tersebut dimaksudkan untuk sharing pengalaman pengelolaan dana yang bersumber dari . Rombongan diterima di Ruang Kilisuci Balai Kota .

Baca Juga: Festival Kopi dan Tembakau 2024 di Situbondo, Perusahaan Asal Malang Transaksi Tembakau Besuki

Sekretaris Dinas Satpol PP Kota , Agus Sutrisno, mengaku sangat senang dan mengapresiasi kunker dari Kabupaten Mojokerto. Menurut dia, kedua pemerintah daerah bisa bertukar pengalaman dalam pengelolaan untuk meningkatkan penganggaran, dan pelaksanaan kegiatan terkait ke depannya.

Tak hanya memberikan sambutan hangat, Agus juga memaparkan secara langsung rancangan kegiatan dan penganggaran Tahun Anggaran 2023, mulai dari program sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan program pemberantasan barang kena cukai (BKC) ilegal.

“Program sosialisasi penegakan perda dan perwali kami lakukan dalam forum langsung ataupun kegiatan hiburan masyarakat, baik yang mendukung rangkaian HUT Kota maupun di luar rangkaian HUT,” ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, RSAR Situbondo Belanja EEG dan Mesin Anestesi dari DBHCHT 2024

Melalui program pemberantasan BKC ilegal, lanjut Agus, pihaknya melakukan pengumpulan informasi peredaran BKC ilegal melalui informan dan tim satgas cukai ilegal. Selain itu, melaksanakan operasi bersama pemberantasan BKC dengan Kantor Bea Cukai serta penyediaan atau pemeliharaan sarana prasarana pendukung kegiatan pemberantasan BKC ilegal.

“Dalam pemberantasan ini kita tidak dapat bertindak sendiri, kerja sama dengan tim satgas cukai ilegal dan kantor bea cukai setempat sangatlah penting. Alhamdulillah, hingga saat ini temuan BKC ilegal di Kota bisa teratasi dengan kerjasama semua pihak,” tuturnya.

Di akhir paparannya, Agus meyelipkan harapan agar dengan adanya kunjungan kerja ini ilmu dan informasi yang disharing terkait dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran sesuai aturan yang ada dan pelaksanaan yang tepat bagi kedua pemda ke depannya.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Siap Distribusikan Paket Sembako Program DBHCHT

“Kunker ini sebagai sarana sharing kita bersama. Semoga melalui kunker ini pengalaman dan ilmu baik dari Satpol PP Kota maupun Satpol PP Kabupaten Mojokerto bisa menjadi motivasi dan contoh bagi keduanya. Terima kasih atas kunjungannya, saya harap silaturahmi dan kerjasama kita tidak berhenti disini,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Hartono, yang memimpin rombongan kunker mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Satpol PP Kota . Ia berharap Satpol PP Kota bisa membagikan pengalaman dalam pengelolaan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan dengan santai dan kekeluargaan.

“Terima kasih kunjungan rombongan kami yang beranggotakan 26 orang ini, diterima dengan baik dan luar biasa. Sebagai salah satu kota yang terdapat pabrik rokok besar, Kota pasti memiliki banyak pengalaman dalam pengelolaan . Kami harap pengalaman-pengalaman tersebut, bisa disharingkan pada pertemuan ini,” katanya.

Baca Juga: Peroleh Dana Cukai Rp77 Miliar, Kepala Bappeda Situbondo: Sepenuhnya untuk Kesejahteraan Masyarakat

Hartono berharap dengan ilmu dan pengalaman yang rombongannya terima pada kunker ini dapat menjadi perbandingan dan motivasi Satpol PP Kabupaten Mojokerto dalam meningkatkan pengelolaan di tahun-tahun berikutnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO