Dukung Operasional Bandara, Mas Dhito Siap Jalin Komunikasi dengan Pemda Sekitar

Dukung Operasional Bandara, Mas Dhito Siap Jalin Komunikasi dengan Pemda Sekitar Bupati Hanindhito Himawan Pramana saat mengunjungi proyek Bandara Dhoho Kediri. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Progres pembangunan Bandara Internasional Dhoho secara keseluruhan telah mencapai 97,04% dan ditargetkan akhir Oktober semua pembangunan konstruksi telah rampung.

Demikian disampaikan Bupati Hanindhito Himawan Pramana, usai mengunjungi proyek pembangunan Bandara Dhoho , Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Menurut Bupati Hanindhito, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sejauh ini terus menyiapkan hal-hal di luar bandara, seperti mengawal proses pembebasan lahan jalan tol.

"Kami juga akan terus mencoba melakukan pengembangan site development di sekitar bandara," ujarnya.

Untuk menyiapkan fasilitas pendukung di luar bandara, lanjut Bupati , pihaknya juga perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) lain, termasuk provinsi.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

Bupati mencontohkan, soal rambu petunjuk menuju arah bandara. Menurutnya, tetap melibatkan daerah sekitar seperti Tulungagung, Kota , maupun Nganjuk, meski pembangunan bandara berlokasi di Kabupaten .

Dalam hal itu, Dhito -sapaan Bupati - mengaku siap berkoordinasi dengan kota tetangga untuk menyiapkan fasilitas pendukung tersebut. Hal itulah yang menjadikan pihaknya perlu mengetahui perkembangan pembangunan bandara.

"Kami ke sini hadir untuk memberikan apa yang bisa kami lakukan. Saya siap mengkomunikasikan dengan beberapa kepala daerah lain," ungkapnya.

Baca Juga: Mortir Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Kediri

Dhito menuturkan Pemerintah Kabupaten jauh hari menyiapkan percepatan infrastruktur pelapis sekitar bandara. Hal ini penting untuk mengantisipasi saat bandara beroperasi, akses jalan pendukung belum siap. Karena itu, pihaknya terus berkomunikasi dengan pemprov, termasuk pemerintah daerah lain.

Sementara itu, Maksin Arisandi selaku Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) dalam pertemuan itu menerangkan, dengan capaian progres keseluruhan pembangunan bandara yang telah mencapai 97,04%, ditargetkan akhir Oktober semua pembangunan item-item terkait bandara telah tuntas.

"Karena di November kita siap verifikasi, tes landing, tes take off maupun yang lain, jadi semua kita tes di bulan November," tuturnya.

Baca Juga: Gegerkan Warga Balowerti Kediri, Kakak Bunuh Adik Usai Pesta Miras

Pihaknya mengapresiasi dukungan dari Pemkab yang siap mensinkronkan wilayah sekitar untuk menunjang operasional bandara.

Selain persoalan rambu arah menuju bandara, diakui dukungan dari pemerintah yang tak kalah penting yakni terkait transportasi pendukung hingga infrastruktur jalan. (uji/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO