Ajak Mahasiswa Jadi Pemimpin, Wali Kota Kediri: Awali dengan Memimpin Diri Sendiri

Ajak Mahasiswa Jadi Pemimpin, Wali Kota Kediri: Awali dengan Memimpin Diri Sendiri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menjadi narasumber pada Bina Inspirasi Motivasi Akademik (BIMA) di IIK Strada Kediri, Sabtu (23/9/2023).

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com menyampaikan pentingnya membangun karakter pemimpin dalam diri sejak mahasiswa, saat menjadi narasumber pada Bina Inspirasi Motivasi Akademik (BIMA) di , Sabtu (23/9/2023).

Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa baru IIK Strada, Ikatan Mahasiswa Keperawatan se-Indonesia, dan mahasiswa Program Merdeka Belajar.

Baca Juga: Tingkatkan Pengawasan Partisipasif Pemilih Pemula, Bawaslu Kota Kediri Ajak Dialog Mahasiswa

"Memasuki jenjang kuliah dan menjadi mahasiswa sama halnya dengan memulai tantangan baru. Tentu ini berbeda ketika masih SMA. Saya ingin mahasiswa ini bisa memimpin dirinya sendiri, sebelum memimpin orang lain," ujarnya.

menyampaikan isu-isu yang sering dihadapi mahasiswa saat ini. Sejak pandemi Covid-19, semua dihadapkan pada era BANI. Yakni, brittle (rapuh), anxiety (kekhawatiran), non-linier (tidak linier), dan incomprehensible (sulit dipahami).

"Hal itu menimbulkan dampak pengelolaan waktu, mengatur skala prioritas, dan masalah kesehatan mental. Sekarang zaman sudah berubah begitu cepat, kalian semua juga harus mau berubah. Jangan cuek terhadap perubahan," ajanya.

Baca Juga: Terjunkan 18 Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8, Pemkot Kediri Harapkan Pembelajaran Inovatif

Menurutnya, seringkali materi kepemimpinan diterapkan pada organisasi dan mengatur orang lain. Namun, yang terpenting saat ini adalah kemampuan memimpin diri sendiri terlebih dahulu. Sebab, untuk dapat menjadi pemimpin, mahasiswa akan menghadapi tantangan.

Adapun tantangan itu disebutkan Wali Kota Abu Bakar, antara lain belajar mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, berkomunikasi dengan baik, serta bekerja secara efektif dan tim.

"Mahasiswa juga harus memiliki beberapa watak untuk menjadi pemimpin. Mulai dari jujur terhadap diri sendiri, bertanggung jawab, memiliki pengetahuan, keberanian bertindak sesuai keyakinan, kepercayaan diri sendiri dengan orang lain, dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain," paparnya.

Baca Juga: Bakal Calon Wali Kota Kediri Ronny Siswanto Siap Buka Balai Kota untuk Masyarakat Jika Terpilih

"Pemimpin yang ideal adalah dia yang sudah selesai dengan dirinya sendiri. Untuk jadi pemimpin kalian harus punya watak-watak tersebut," jelasnya.

Pada kesempatan ini, pun membagikan cara menjadi pemimpin di era BANI. Pertama, trans disiplin dengan melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Kedua, mau membuka diri.

Ketiga, mau memahami perbedaan pendapat dan toleransi. Keempat, menguatkan rasa empati dan kepedulian. Kelima, fleksibel serta mau beradaptasi dengan perubahan.

Baca Juga: Apel Perdana 2024, Pj Wali Kota Kediri Ingatkan Hal ini Pada ASN dan Jajarannya

"Untuk memulai menjadi pemimpin bisa dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, mengikuti pelatihan kepemimpinan, membaca buku dan artikel tentang kepemimpinan, serta mengamati pemimpin yang sukses," terangnya.

"Pemimpin bukan hanya sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar. Melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Serta kepemimpinan itu lahir dari proses internal," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor IIK Strada Imam Sentot, Ketua Yayasan Nurdina, dan tamu undangan lainnya. (uji/rev)

Baca Juga: Peringati Hari Ibu 2023, Pj Wali Kota Kediri Kunjungi Perintis Kemerdekaan dan Istri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO