Gubernur Khofifah Resmi Buka MTQ ke-30 Tingkat Provinsi di Kota Pasuruan

Gubernur Khofifah Resmi Buka MTQ ke-30 Tingkat Provinsi di Kota Pasuruan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Musabaqah Tilawatil Qur'an Provinsi Jawa Timur ke-30 2023 diselenggarakan di . Pembukaan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa.

Acara itu diawali pembacaan puisi oleh tokoh Budayawan Nasional KH. Zawawi Imron, dengan tema Pasuruan Miniatur Kota Madinah. Diikuti oleh penampilan para kafilah MTQ dari kota/kabupaten se-Jatim.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

Sebelum pembukaan dimulai Sekretaris Daerah Jatim yang juga ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa Gubernur bersamaan dengan jadwal kunjungan ke luar negeri, tetapi beliau membatalkan untuk mengutamakan hadir dalam kegiatan MTQ tersebut.

Tujuan diselenggarakan MTQ di Kota itu selain mengajak masyarakat cinta Al-Qur'an, di sisi lain Pasuruan juga dikenal sebagai kawasan Kota Kantri, serta mengangkat ekonomi masyarakat sekitar.

Disusul sambutan Wali Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

"Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Gubernur telah mempercayakan kami sebagai tuan rumah MTQ Jawa Timur," kata pria yang merangkap jabatan Sekjen PBNU tersebut saat sambutan.

Gus Ipul juga mengutarakan bahwa acara malam itu adalah anugerah yang sangat istimewa. Pasalnya, kegiatan tersebut akan bisa terulang kembali di 76 tahun kemudian.

Untuk itu Gus Ipul sangat apresiasi kepada Gubernur Jatim, dikarenakan telah mempercayakan sebagai tuan rumah, dan itu menurutnya sangat bermanfaat kepada masyarakat .

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Sementara Gubernur mengacungkan jempol dikarenakan wawasan masyarakat Pasuruan seimbang, "Bacaan Al-Qur'an bagus meskipun koplonya (musik dangdut) juga bagus," kata Gubernur Jawa Timur tersebut disambut tawa.

juga menjelaskan bahwa ada penguatan bagus dalam kegiatan MTQ tersebut, mulai dari pembacaan, kajian tajwid dan melafalkan pembacaan tiap huruf sangat mendukung untuk menginternalisasi wawasan Al-Qur'an kepada para pelajar, khususnya di wilayah .

Oleh karena itu mengajak kepada para dewan guru se- untuk menyempatkan diri menyaksikan kegiatan itu selama delapan hari berturut-turut. Sebagai penambahan wawasan Al-Qur'an, supaya tingkat kecintaan lebih sempurna.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Terakhir memberikan apresiasi kepada para kafilah dalam semangat kreativitas.

"Selamat kepada peserta kafilah dan semangat beraktivitas," pungkas , dilanjut pembukaan acara dengan bacaan Basmalah bersama para hadirin. (afa/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO