Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, Kapan Terjadi di Jatim? Catat Waktunya

Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, Kapan Terjadi di Jatim? Catat Waktunya Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, Kapan Terjadi di Jatim? Catat Waktunya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com- Hari tanpa bayangan disebut juga peristiwa kulminasi, yakni ketika Matahari berada pada titik tertinggi.

Pada saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, posisi Matahari akan berada tepat di atas kepala.

"Oleh karena itu bayangan benda akan tegak atau menyebabkan benda tidak ada bayangannya," ujar Himawan Widiyanto selaku Koordinator Bidang Tanda Waktu badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ().

Himawan menjelaskan bahwa kulminasi terjadi di setiap kota di Indonesia dengan waktu yang berbeda-beda. Adapun untuk kulminasi ke-2, rentang waktu terjadinya antara bulan September-Oktober 2023.

Dampak yang terjadi ketika kulminasi adalah benda menjadi tidak memiliki bayangan. Selain itu terjadi kenaikan suhu, tetapi hal ini tidak signifikan, yakni sebesar 1 derajat Celcius.

Kulminasi merupakan fenomena umum yang terjadi setiap tahunnya. Maka dari itu mengingatkan masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan untuk menggunakan pakaian yang menutupi kulit serta tabir surya.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO