Kampanye Kesehatan Mata Terus Digalakkan di Tuban

Kampanye Kesehatan Mata Terus Digalakkan di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sosialisasi kesehatan mata dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia terus digalakkan di . Kali ini kegiatan yang diselenggarakan oleh Pegiat Kesehatan Mata itu digelar di Area Car Free Day (CFD) , pada Minggu (15/10/2023).

Diketahui, pegiat kesehatan yang peduli terhadap mata itu berasal dari itu Yayasan Paramitra Indonesia yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan P2KB serta kader mata.

Baca Juga: Kades Mlangi Tuban Diperiksa Polisi Terkait Perusakan Rumah Warga

Direktur Paramitra Indonesia, Asyah Sugiati menyatakan, melalui kegiatan ini masyarakat diminta selalu menjaga kesehatan mata, termasuk saat di tempat kerja. Selama ini masyarakat beranggapan bahwa mata minus itu dianggap lumrah.

Meski tidak bisa disembuhkan karena terkadang mengingat usia, tapi tak seharusnya dibiarkan. Salah satu upayanya bagi yang bermasalah harus pakai kacamata sesuai kebutuhannya.

"Selain pengecekan mata, kita juga tak bosan kampanye tentang kesehatan kepada pedagang maupun pengunjung," terang Asyah pada wartawan.

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

Kata dia, saat kampanye di CFD ada sekitar 635 orang yang ikut sosialisasi dan menerima edukasi kesehatan mata. Setelah mendapatkan pemahaman baru mereka melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara gratis. Terutama, skrining dan konseling kesehatan mata serta kesehatan lainnya.

"Tujuan kegiatan ini adalah sebagai kampanye tentang kesehatan mata. Dan semakin tersosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan mata. Selanjutnya, kalau bisa masyarakat sejak dini menyadari pentingnya kesehatan mata," bebernya.

Asyah Sugiati menegaskan, pihaknya menyasar pedagang dan pengunjung CFD lantaran masyarakat berpotensi banyak yang mengalami gangguan penglihatan dan refraksi. Sehingga, perlu diadakan pencegahan dan skrining dini agar terhindar dari kebutaan.

Baca Juga: Gelar Rakor, Pjs Bupati Tuban Tancap Gas Bahas Program Strategis

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, total ada 635 orang yang ikut partisipasi mengikuti kegiatan ini," imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Gangguan Jiwa, Dinkes P2KB , Fatkhur Rohman memberikan apresiasi kepada Yayasan Paramitra Indonesia beserta kader mata yang terus mensosialisasikan kesehatan mata. Tentu kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia ini termasuk upaya preventif. Pastinya kegiatan ini bisa mencegah kebutaan yang diakibatkan karena katarak, glaukoma dan refraksi pada anak.

"Kegiatan ini sangat bagus karena telah peduli terhadap masyarakat Kabupaten , terutama tentang kesehatan mata," ucap Fatkhur sapaan akrabnya. (wan/git)

Baca Juga: Diduga Rusak Bangunan, Pemdes Mlangi Dilaporkan Warga ke Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO