Berikut Pesan Wakil Bupati Gresik saat Hadiri Bimtek Kepala dan Perangkat Desa se-Kecamatan Panceng

Berikut Pesan Wakil Bupati Gresik saat Hadiri Bimtek Kepala dan Perangkat Desa se-Kecamatan Panceng Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, bersama para kepala dan perangkat desa se-Kecamatan Panceng saat bimtek. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , Aminatun Habibah, menghadiri bimbingan teknis (bimtek) kepala dan perangkat desa se-Kecamatan Panceng, Sabtu (28/10/2023).

Wakil bupati yang akrab dengan sapaan itu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Panceng bersama dengan unsur terkait sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa. Ia berharap, agenda tersebut dapat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas, sekaligus membangun koordinasi dan komunikasi antara kepala desa dan perangkat.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

"Adanya bimtek menunjukkan sinergi antardesa dalam menyamakan persepsi. Perlu diketahui program pemerintah pusat, provinsi hingga desa harus seiring sejalan. Tidak lain tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujarnya.

Menurut dia, desa merupakan indikator pembangunan daerah maupun nasional. Apabila penyelenggaraan pelayanan publik di desa baik, maka pemerintah daerah hingga pusat akan ikut terbawa baik.

"Program penurunan angka stunting pada tahun 2024 ditargetkan turun 14 persen, di Kabupaten sudah turun 10 persen. Selain itu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten nomor satu di Indonesia dengan angka 7,6 persen melebihi pertumbuhan ekonomi nasional," paparnya.

Baca Juga: Mulai Besok, Bu Min Jabat Plt Bupati Gresik hingga 25 November 2024

Ia menyampaikan, dalam penanganan menurunkan angka kemiskinan dan stunting di Kabupaten , diperlukan kerjasama yang baik antarstakeholder. Terus update data yang riil sesuai kondisi, sehingga tergambar jelas demografis desa.

"Antisipasi awal terhadap stunting, setidaknya memutus rantai kemiskinan. Saya berharap pada tahun depan sudah tidak ada lagi desa di Kabupaten yang masuk kategori desa miskin," tuturnya.

mengatakan, desa dalam menjalankan perannya dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang produktif, handal serta profesional, dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

"Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Panceng, Nurul Mukhid, menyebut ada beberapa materi yang disampaikan dalam bimtek peningkatan kapasitas aparatur desa, seperti kebijakan pemerintahan desa, perencanaan pembangunan desa mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa( RPJMDes), prinsip-prinsip keuangan hingga pencegahan korupsi tingkat desa.

"Saya berharap, setelah bimtek ini ada 3 perubahan, yaitu sikap dan perilaku, peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan untuk memperoleh imbas maupun impact," harapnya.

Baca Juga: Kejari Gresik Periksa 8 Orang Buntut Dugaan Penyimpangan Beras CSR Desa Roomo

Bimtek juga dihadiri Sekretaris Daerah , Achmad Washil Miftahul Rachman, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) , Abu Hassan. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO