Gunakan Mobil Rental, Komplotan Curanmor Antar Kabupaten Ditangkap di Surabaya

Gunakan Mobil Rental, Komplotan Curanmor Antar Kabupaten Ditangkap di Surabaya Keempat pelaku pencurian motor yang menggunakan mobil rental untuk menjalankan aksinya, kini mendekam di Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Empat bandit pencurian sepeda motor yang menggunakan mobil rental dengan target lintas kabupaten kota di Jawa Timur, akhirnya ditangkap oleh Satreskrim .

Keempatnya pelaku tersebut berinisial L, S, SB, dan H warga Surabaya. Selama menjalankan aksinya, mereka berkeliling ke beberapa kabupaten kota diantaranya, Gresik, Mojokerto, Jombang dan Kediri.

Baca Juga: Polres Tanjung Perak Amankan Eks Anggota DPRD Bangkalan atas Dugaan Kepemilikan Sabu

Selama 1,5 bulan, mereka mendapatkan 10 unit motor hasil curian.

Kanit Resmob Surabaya, Ipda Yudha Sukmana Putra mengatakan, empat dari lima bandit curanmor buron lintas wilayah Jawa Timur itu, kini sudah diamankan.

"Lima orang, satu DPO. Mereka ini spesialisasi curi sepeda motor yang berkeliling menggunakan mobil dan beraksi di lintas kota," kata Yudha, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Mobil Adik Kandung Diresnarkoba Polda Jatim Dirampas 9 Orang Ngaku Debtcollector TAF

Dalam satu hari, para pelaku berhasil mencuri 2 hingga 2 motor, kemudian motor tersebut diangkut ke dalam mobil yang disewanya melalui rental.

"Sarana mereka adalah mobil rental. Dari lima tersangka ini 1 berperan sebagai sopir 4 orang sebagai eksekutor," jelasnya.

Yudha mengatakan, pencurian dilakukan dengan cara menurunkan keempat tersangka di titik lemah pengawasan, seperti desa-desa.

Baca Juga: Korban Begal di Surabaya Tolak Ajakan Damai Pelaku

"Pertama empat tersangka di drop bersamaan di suatu tempat yang sepi pengawasan. Mereka lalu beraksi. Dan ketika berhasil, baru dijemput dengan mobil sarana," terang Yudha.

Aksi tersangka membobol rumah kunci motor itu tidak lama, lanjut Yuda, hanya membutuhkan waktu, sekitar lima menit.

Sementara itu, salah satu pelaku berinisial L mengatakan, sebelum menjalankan aksi pencurian, komplotan tersebut berunding terlebih dahulu.

Baca Juga: Modal Pistol Mainan, 4 Pria di Sidoarjo Pura-Pura Jadi Polisi Peras Pemakai Sabu

"Semua adalah otak dari pencurian, kita selalu berunding sebelum beraksi, dan hasilnya akan kita bagi rata," katanya.

Menurutnya, dirinya ditangkap kali ini termasuk apes. Karena sebelum sebelumnya ia memang tidak pernah beraksi di Surabaya dan itu karena takut.

"Baru di Asemrowo kami tertangkap. Sebetul - betulnya kami takut beraksi di Surabaya karena disini banyak kamera CCTV," paparnya.

Baca Juga: Polisi Bongkar Motif Begal Perempuan di Surabaya

Di dalam rutinitas mencuri sepeda motor, para tersangka ini melakukannya satu minggu sekali. Sementara, hasil satu unit sepeda motor, dijual dengan harga Rp3,5 juta.

Ipda Yudha kembali menambahkan, kalau dari pengakuan dan data, terakhir empat tersangka ini berhasil melakukan pencurian di Jombang dan Kediri.

"Satu di Jombang, dan dua TKP di Pare, Kediri. Apabila di Lamongan, Mojokerto, dan lain lain ikut di total, maka totalnya ada 10 lebih sepeda motor yang dicuri," pungkasnya. (rus/sis)

Baca Juga: Begal Perempuan Sasar Driver Taksi Online di Surabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO