Ribuan Warga Kediri Rebutan Tumpeng Raksasa di Sumber Banteng

Ribuan Warga Kediri Rebutan Tumpeng Raksasa di Sumber Banteng Warga saat berebut tumpeng raksasa berisi sayur-mayur dan buah-buahan dalam sedekah bumi yang digelar Pokdarwis Sumber Banteng. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kirab budaya dalam rangka sedekah bumi digelar oleh Pokdarwis Sumber Banteng, , Kecamatan Pesantren, , Minggu (26/11/2023).

Ribuan warga antusias menyaksikan kirab budaya, termasuk kirab tumpeng raksasa yang berisi beraneka ragam sayur-mayur dan buah-buahan hasil panen warga Wangkalan, . Adapun isi tumpeng itu antara lain bengkuang, rambutan, blimbing, mangga, nanas, dan yang lain.

Baca Juga: Jaga Akurasi Data Segmen PBPU, Pemkot Kediri dan BPJS Kesehatan Lakukan Evaluasi Data Peserta

Usai dikirab, tumpeng raksasa yang berisi sayur-mayur dan buah-buahan tersebut menjadi rebutan ribuan warga yang memadati area parkir kawasan Wisata Sumber Banteng.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Sumber Banteng Berkah, Sudarsono, mengatakan tujuan digelarnya kegiatan ini adalah sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kepada warga.

"Kami sudah 5 kali ini menggelar sedekah bumi di kawasan Sumber Banteng ini. Tapi yang untuk ritual arak-arakan (kirab) tumpeng baru 2 kali dilaksanakan, yaitu pada 2022 dan tahun ini," katanya.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Makna lain dari sedekah bumi ini, kata Sudarsono, adalah untuk melestarikan lingkungan, termasuk melestarikan sumber air. Dalam sedekah bumi, pihaknya juga menabur benih ikan di kolam dan memberi makan ikan.

"Ini salah satu bukti bahwa kita peduli dengan kelestarian lingkungan di Sumber Banteng. Termasuk secara berkala selalu melakukan penanaman pohon di kawasan Sumber Banteng ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora , Zachrie Ahmad, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Pokdarwis Sumber Banteng Berkah. Menurut dia, kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka meng-explore pariwisata di khususnya di .

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

"Pemerintah selalu mendukung kegiatan semacam ini dan akan memfasilitasi kegiatan ini. Ke depan supaya menjadi agenda rutin tahunan untuk menarik para wisatawan datang ke Sumber Banteng," ujarnya.

Tujuan wisata itu, menurut Zachrie, dikatakan berhasil ketika pengunjungnya banyak, barang dagangan yang dijual di warung-warung juga laku.

"Kami berharap Pokdarwis Sumber banteng Berkah ke depan semakin kreatif lagi dengan mengangkat budaya-budaya lokal yang ada di Tempurejo sehingga budaya lokal itu bisa menciptakan perputaran ekonomi di masyarakat," paparnya.

Baca Juga: Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

Sedekah bumi juga dihadiri perwakilan PLN Kediri yang sebelumnya telah mengucurkan CSR-nya untuk membangun kawasan Wisata Sumber Banteng. Hadir pula anggota Forkopincam Pesantren serta undangan lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO