Kota Pasuruan Segera Miliki Taman Tematik Bernuansa Mekkah

Kota Pasuruan Segera Miliki Taman Tematik Bernuansa Mekkah Gubernur Jatim Khofifah dan Wali Kota Pasuruan Gus Ipul bersama-sama menabuh sebuah bedug tanda prosesi groundbreaking pembangunan Taman Wisata Krampyangan, Rabu (29/11/2023) malam.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya menggenjot sektor pariwisata dengan menjadikan sebagai kota manasik akan segera terealisasi. Hal itu ditandai dengan dilakukannya groundbreaking pembangunan , Rabu (29/11) malam.

Berlokasi di eks Lapangan Sepak Bola Krampyangan, groundbreaking ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa didampingi oleh Wali Saifullah Yusuf.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

Pembangunan taman tematik ini merupakan inovasi Pemkot Pasuruan dalam mengembangkan pariwisata terintegrasi. Melalui konsep tersebut, nantinya selain akan menjadi obyek wisata baru, taman tematik sekaligus menyediakan sarana dan prasarana berolahraga serta rekreasi bagi masyarakat.

nantinya akan terdiri dari empat segmen, yaitu taman olahraga hobi, taman bermain anak, taman agrowisata, dan taman Mekkah. Melalui pembagian empat segmen ini, nantinya Taman Krampyangan akan memiliki daya tarik serta kekhasan yang tidak dimiliki oleh taman tematik lainnya.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

Gubernur dalam sambutannya terkesan dengan upaya yang dilakukan Pemkot Pasuruan untuk terus membuat sebuah kemajuan. Ia mengatakan akan mensuport penuh pembangunan taman tematik yang akan dimulai pada tahun 2024.

"Sesuai dengan apa yang ada di dalam perencanaan Pak Wali Kota, mudah-mudahan pembangunan ini diberikan kemudahan oleh Allah, dan hasilnya manfaat barokah," ujar .

juga menyiratkan bantuan keuangan dari APBD Pemprov Jawa Timur untuk pembangunan Taman Tematik Krampayangan. Menurutnya, pembangunan yang ditujukan untuk kemajuan sebuah daerah, dukungan pemprov tidak boleh setengah-setengah.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Pada kesempatan yang sama, Wali Saifullah Yusuf berkesempatan memaparkan bagaimana rencana tahapan pembangunan Taman Krampyangan di depan Gubernur Jatim dan undangan yang hadir. Ia mengatakan dari 4 segmen yang akan dibangun, nantinya dikerjakan dalam dua periode.

Pada periode pertama, akan dibangun segmen 1 (taman olahraga dan hobi) serta segmen 3 (taman Mekkah). Pada zona taman olahraga hobi, akan terdapat beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan sepak bola, jogging track, arena BMX, panjat tebing, skateboard, serta beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Sementara zona taman Mekkah menjadi areal yang paling ikonik dari taman tematik ini. Di zona ini terdapat fasilitas utama berupa masjid dan selasar thawaf dan sai, taman miniatur ka’bah, koridor simulasi shafa marwah, serta plaza masjid.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Pada malam hari ini kami sangat bersukacita atas kedatangan dan dukungan langsung Ibu Gubernur. Cita-cita saya memang adalah bagaimana membuat legacy (peninggalan) yang berkesan untuk warga , salah satunya pembangunan taman tematik ini," kata , sapaan Wali .

Bak gayung bersambut, menceritakan bagaimana Gubernur dan Pemprov Jatim mendukung penuh cita-cita tersebut. Ia menguraikan bahwa keterbatasan anggaran selama ini menjadi salah satu tantangan untuk melangkah maju.

"Saya berterima kasih ada pernyataan dari Ibu Gubernur untuk membantu cita-cita kami membuat taman tematik sebagai tindak lanjut dari pembangunan payung Madinah di alun-alun" imbuhnya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

Prosesi groundbreaking ini ditutup oleh sebuah seremoni yang menandai akan segera dimulainya pembangunan taman tematik dalam waktu dekat. Di depan sebuah baliho raksasa yang menghadap ke jalan nasional, Gubernur dan bersama-sama menabuh sebuah bedug yang disambut tepuk tangan seluruh undangan. 

(par) 

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO