Resmikan 10.550 Panel Surya, Khofifah: PT HM Sampoerna Jadi Contoh Penguatan Renewable Energy

Resmikan 10.550 Panel Surya, Khofifah: PT HM Sampoerna Jadi Contoh Penguatan Renewable Energy

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 10.550 panel surya yang dipasang di ground mounted fasilitas produksi PT. HM Sampoerna Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, diresmikan , Indar Parawansa, Jumat (1/12).

Panel surya sebanyak itu terpasang di area seluas 7 hektare. Nantinya jika beroperasi maksimal, akan menghasilkan kapasitas listrik sebesar 7 megawatt peak (MWp). Jumlah itu setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

“Alhamdulillah, sebanyak 10.550 panel surya sudah siap untuk diluncurkan sebagai bagian dari komitmen untuk menguatkan renewable energy di basis perusahaan ," kata Gubernur dalam sambutan peresmian.

Peresmian ini ditandai dengan penekanan layar LED yang dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur didampingi Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto, dan President Director PT. HM Sampoerna Tbk Vassilis Gkatzelis. Peresmian juga disertai dengan penanaman 999 pohon di area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

Gubernur berharap, apa yang dilakukan ini bisa menjadi contoh perusahaan lain, yaitu beralih dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

Penerapan EBT bertujuan untuk penurunan emisi gas rumah kaca dan pencapaian target bauran energi di Jawa Timur. Potensi EBT di Jawa Timur, khususnya pembangkit listrik tenaga surya () sebesar 176.390 MW (megawatt). Jumlah itu merupakan aset daerah yang harus dikelola dengan baik melalui perencanaan yang tepat.

Gubernur memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas inisiasi PT. HM Sampoerna ini agar bisa menjadi contoh dan dikembangkan semua pihak. Ia juga memberikan apresiasi kepada PT. HM Sampoerna yang telah melakukan pendampingan kepada para pelaku industri mikro, kecil, dan menengah melalui program Sampoerna Retail Community.

President Director PT. HM Sampoerna Tbk. Vassilis Gkatzelis mengatakan Sampoerna menempatkan keberlanjutan sebagai bagian utama dari visi perusahaan untuk menciptakan nilai tambah di Indonesia.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Prinsip keberlanjutan diwujudkan dalam Payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia” dengan mengadopsi kerangka environmental, social, and governance (ESG).

“Panel surya di Pasuruan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pencapaian tersebut. Pengoperasian panel surya yang akan dikombinasikan dengan boiler biomassa ini dapat mengurangi emisi lingkup-1 (gas alam) sekitar 67 persen dan mengurangi emisi lingkup-2 (listrik) sekitar 24 persen,” ujarnya.

Sedangkan Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengatakan, keberadaan panel surya menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan energi. Ia mengapresiasi TBK dalam upaya pembaharuan teknologi yang dinilai menjadi terobosan di tengah berkurangnya cadangan energi fosil.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Industri mampu berkembang dengan menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi gas emisi rumah kaca dan industri lainnya di Pasuruan," pungkasnya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO