Baznas Sidoarjo Salurkan Rp2,3 Miliar Donasi Kemanusiaan untuk Palestina

Baznas Sidoarjo Salurkan Rp2,3 Miliar Donasi Kemanusiaan untuk Palestina SIMBOLIS: Pimpinan Baznas Sidoarjo menyerahkan donasi kemanusiaan Palestina kepada Baznas Jatim, Selasa (5/12/2023). Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sidoarjo menyalurkan donasi kemanusiaan sebesar Rp2,3 miliar untuk melalui .

Donasi bantuan untuk warga tersebut diserahkan oleh pimpinan Baznas Sidoarjo di Kantor , Islamic Center, Dukuh Kupang Surabaya.

Baca Juga: Hari Perdamaian Internasional, Khofifah Ajak Semua Pihak Terus Serukan Perdamaian di Palestina

Penyerahan dilakukan Ketua Baznas Sidoarjo M. Chasbil Aziz Salju Sodar didampingi jajaran pimpinan lainnya, dan diterima pimpinan Baznas Jatim yang diwakili Prof. Dr. H. dan didampingi oleh KH Muhammad Zakki.

Bantuan yang disalurkan Baznas Sidoarjo tersebut sebesar Rp2,3 miliar, tepatnya Rp2.296.056.956.

Hasil penghimpunan bantuan dalam bentuk uang tersebut dilakukan Baznas Sidoarjo selama satu bulan lebih, mulai akhir bulan Oktober 2023 lalu.

Baca Juga: Baznas Sidoarjo Berikan Bantuan untuk Penderita Cerebral Palsy

"Penghimpunan dilakukan Baznas Sidoarjo ini disalurkan melalui Baznas Jatim dan diteruskan ke Baznas pusat. Sebagaimana kita ketahui, Baznas Indonesia merupakan salah satu lembaga internasional di konflik -Israel yang bisa masuk dan salurkan bantuannya secara langsung di kawasan konflik tersebut," cetus M. Chasbil Aziz Salju Sodar.

Ia menambahkan, berdasarkan catatan Baznas Sidoarjo, hingga 4 Desember 2023, donasi warga Sidoarjo untuk mencapai Rp7 miliar lebih, tepatnya Rp7.030.329.651.

"2,3 miliar yang dihimpun melalui Baznas Sidoarjo dan sebesar Rp3,8 miliar lebih dari lembaga amil zakat non Baznas seperti LAZISNU, LazisMU, YDSF, BMH, LMI, dan Nurul Hayat. Serta jalur lainnya sebesar 895 Juta lebih," beber Gus Jazuk, panggilan karib M Chasbil Aziz Salju Sodar.

Baca Juga: Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Dibunuh di Teheran, Pelakunya Diduga Agen Israel

Untuk penghimpunan yang dilakukan Baznas Sidoarjo sendiri, dari catatan yang ada, 82 persen penghimpunan berasal dari institusi pendidikan Pemkab Sidoarjo, tujuh persen institusi pendidikan swasta, satu persen dari personal individu masyarakat Sidoarjo, dan 10 persen dari lembaga sosial dan bisnis di Sidoarjo.

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah berpartisipasi, baik langsung maupun tak langsung, dalam penghimpunan donasi ini," pungkas Gus Jajuk.

Sementara itu, pimpinan Baznas Provinsi Jawa Timur menyampaikan apresiasinya atas upaya penghimpunan donasi oleh Baznas Sidoarjo. Atas capaiannya tersebut, berseloroh atas banyaknya donasi kemanusiaan dari Sidoarjo sebagai tanda banyaknya para wali di Sidoarjo.

Baca Juga: Pertemuan 5 Kader NU dengan Presiden Israel, Nawawi: Karena Gus Yahya Mencontohkan Hal yang Sama

"Jalur menjadi wali itu, yang paling banyak melalui jalur loman, banyak bersedakah. Sidoarjo ini menunjukkan betapa banyaknya para Wali Allah yang berada di Sidoarjo," ucap mantan Ketua PWNU Jatim ini. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO