Simak Manfaat Buah Ciplukan, Ampuh Turunkan Berat Badan hingga Obat Kanker Payudara

Simak Manfaat Buah Ciplukan, Ampuh Turunkan Berat Badan hingga Obat Kanker Payudara Simak Manfaat Buah Ciplukan, Ampuh Turunkan Berat Badan hingga Obat Kanker Payudara. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Buah ciplukan yang rasanya asam manis memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ciplukan dengan bentuk yang terbungkus kelopak menggelembung dan berwarna kuning saat matang, termasuk populer di Indonesia.

Buah ciplukan mengandung saponin, flavonoid, fisalin, polifenol, asam sitrat, alkaloid, asam malat, cryptoxanthin, dan vitamin C sehingga dapat menjadi obat herbal.

Baca Juga: Resep Risoles Isian Jamur Keju, Ide Camilan Lezat di Rumah

Selain itu, buah ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik sehingga memberikan efek menenangkan dan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut bagi kesehatan tubuh:

1. Menurunkan berat badan

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 1 Oktober 2024

Buah ciplukan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk program diet. Buah ciplukan dapat membantu proses penurunan berat badan.

Buah ciplukan termasuk makanan rendah kalori, yakni sekitar 53 kalori per 100 gramnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ciplukan secara efektif menyumbang pada pemenuhan kebutuhan nutrisi harian tubuh.

2. Menurunkan gula darah

Baca Juga: Simak Gejala Kanker Getah Bening Menurut Ahli dan Penyintasnya

Buah ciplukan diyakini mampu menurunkan kadar gula darah melalui sifat anti hiperglikemianya.

Beberapa senyawa yang terdapat dalam daun ciplukan diketahui bisa memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat.

Daun ciplukan dapat membantu meredakan beban insulin dalam mengatur regulasi glukosa darah agar tetap berada dalam rentang fisiologis yang sehat.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Lembut dan Lezat

3. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Buah ciplukan mengandung antibakteri yang dapat mendukung proses degradasi dan penyerapan fibrosis hati, serta membantu mengeluarkan kelebihan lemak, racun dan garam dari sistem limfatik. Maka dari itu buah ciplukan dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan hati dan ginjal.

4. Menjaga kesehatan mata

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 29 September 2024

Buah ciplukan mengandung karotenoid yang berperan penting dalam mendukung kesehatan mata. Tingginya kandungan karotenoid membantu mengurangi stres oksidatif dalam sistem ocular sehingga dapat mencegah terjadinya katarak dan menghambat degenerasi makula yang berkaitan dengan penuaan.

5. Obat kanker payudara

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang dapat memicu kematian sel pada kanker payudara.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 28 September 2024

Hal itu menandakan bahwa buah ciplukan memiliki potensi sebagai alternatif pengobatan kanker payudara yang aman, terjangkau, dan efektif bagi penderitanya.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO