Gus Ipul Kuatkan Moderasi Agama untuk Menuju Pemilu Damai

Gus Ipul Kuatkan Moderasi Agama untuk Menuju Pemilu Damai

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pasuruan menggelar sarasehan moderasi beragama menuju pemilu damai. Sosialisasi diselenggarakan di Aula Kebun Pring dibuka Wali Kota Pasuruan H. , Kamis (21/12).

"Kita patut bersyukur memiliki dan tinggal di Negara Indonesia, seperti saat ini kita bisa duduk bersama dalam satu ruangan dengan damai," kata Wali Kota Pasuruan dalam sambutannya saat membuka acara.

Baca Juga: ​Gebyar Hari Anak Nasional Kota Pasuruan, Gus Ipul: Semoga Jadi Pemimpin Masa Depan

Dikatakan, NKRI diperjuangkan dan dibangun para pendiri bangsa dan para pejuang kemerdekaan yang sadar bahwa masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, agama, golongan, ras, dan budaya.

"Saya semakin tua merasa bangga dengan para pendiri bangsa kita yang berasal dari para pemuka agama dan berbagai organisasi. Para pendiri kita ini berjuang dan melahirkan suatu peradaban yang kita rasakan bersama," jelas , sapaan karib Wali Kota Pasuruan.

menekankan pentingnya moderasi beragama dalam konteks pemilu. Ia mengajak semua tokoh agama dan pemimpin masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi beragama yang melibatkan dialog yang konstruktif, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan agama.

Baca Juga: Dorong UKM dan IKM, Gus Ipul dan Istri Resmikan Galeri Dekranasda di Alun-Alun Kota Pasuruan

"Agama tidak dibawa ke politik praktis. Boleh dekati tokoh agama, tapi jangan jadikan agama alat perjuangan politik," pesan .

Menurutnya, Islam dan agama lainnya memiliki hubungan yang sangat erat di mana terdapat beberapa kesamaan selain mengajarkan kebaikan kepada umatnya.

Baca Juga: Wali Kota Pasuruan Harap Bantuan RTLH Bisa Tingkatkan Kenyamanan untuk Masyarakat

Tidak hanya itu, Islam dan agama lain juga mengajarkan umatnya untuk bertoleransi antar umat agama lainnya dan saling menghormati.

"Di Kota Pasuruan sendiri hubungan agama Islam dan agama lainnya terlihat sangat rukun sekali. Contoh saja seperti Gus Idris saat menggelar acara mengundang para pendeta, pengusaha tionghoa, dan pengurus kelenteng untuk datang bersama. Ini merupakan sebuah tradisi yang sudah dibentuk dan telah melewati proses yang lama," imbuhnya

Dengan adanya budaya tolong menolong, lanjut , tetangga yang kelaparan pun akan ada yang memberi makanan, sehingga terjalin kerukunan antar manusia. (par/ns)

Baca Juga: Amanat Gus Ipul saat Pelantikan Anggota DPRD Kota Pasuruan Periode 2024-2029

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO