Efek Makan Malam Terlalu Larut yang untuk Kesehatan

Efek Makan Malam Terlalu Larut yang untuk Kesehatan Efek Makan Malam Terlalu Larut yang untuk Kesehatan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Makan malam terlalu larut dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Meskipun begitu, kondisi tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa faktor yang akan mempengaruhi peningkatan kadar gula darah, seperti usia, jenis diabetes yang dimiliki, tingkat aktivitas yang dimiliki, masalah kesehatan lainnya, dan jenis obat yang dikonsumsi.

Makanan yang dikonsumsi saat makan malam juga akan sangat berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh.

Pada umumnya, terjadi ketika mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, seperti roti, sereal dan minuman manis. Anda perlu memperhatikan porsi makanan tersebut agar tidak berdampak negatif pada kadar gula darah.

Selain itu, Anda diimbau untuk tidak makan malam terlalu larut karena akan mengganggu ritme sirkadian yang merupakan jam biologis tubuh.

Hasil studi pada Jurnal Nutrients tahun 2021, makan malam terlalu larut atau sekitar pukul 21.00 akan meningkatkan kadar gula darah saat malam hingga pagi hari.

Anda disarankan makan malam lebih awal, atau pukul 18.00 sehingga akan berdampak pada kontrol glikemik selama 24 jam dan metabolisme lipid setelah sarapan di hari berikutnya.

Dilansir dari Verywell Health, kadar gula darah normal setelah makan yakni:

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO