Tutup Pelatihan DiLA, Gubernur Khofifah Ajak Seluruh OPD Siaga Hadapi Potensi Kebencanaan

Tutup Pelatihan DiLA, Gubernur Khofifah Ajak Seluruh OPD Siaga Hadapi Potensi Kebencanaan Gubernur Khofifah di hari terakhir pelatihan DiLA (dok. ist)

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa menutup Pelatihan Disaster Leadership Academy () di Coban Rais Kota Batu.

Dalam pelatihan yang digelar selama dua hari ini, secara khusus para pejabat pimpinan tinggi pratama diajak untuk siap dalam menghadapi kejadian bencana.

Baca Juga: Disambut Doa, Khofifah Ajak Santri Ponpes Al Anwar Bangkalan untuk Tempuh Pendidikan yang Tinggi

menyampaikan pelatihan ini menjadi salah satu upaya untuk membangun kesiagaan di seluruh .

Bahwasannya untuk menanggulangi bencana dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi yang kuat antar .

"Jadi bukan hanya , Dinsos dan , namun dibutuhkan gandengan tangan di semua institusi. Maka _awareness_ harus dibangun di seluruh ," kata ,  Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga: Ikhtiar Menangkan Khofifah-Emil, DPW PKS Jatim Konsolidasikan Kader

Terlebih, berada di 'ring of fire' yang rawan terjadi bencana hidrometeorologi seperti angin , , gempa, tanah longsor, dan sebagainya.

Berdasarkan data dari Jatim, jumlah kejadian bencana pada tahun 2023 mengalami penurunan dibanding tahun 2022. 

Pada tahun 2022 tercatat total 244 kejadian bencana terjadi di Jatim yang didominasi bencana dan angin kencang. Sedangkan para tahun 2023 turun menjadi 117 kejadian bencana yang masih didominasi bencana angin kencang / angin .

Baca Juga: Khofifah: Terima Kasih Kontribusi Muhammadiyah dalam Peningkatan Kualitas SDM

"Pada tahun lalu tercatat angin menjadi bencana alam yang paling banyak terjadi di Jatim. Dan kejadiannya tidak mudah diprediksi. Oleh karena itu kita harus siap siaga bersama, melakukan mitigasi bersama, dan mempersiapkan tim secara komprehensif dengan melibatkan seluruh ," jelasnya.

Upaya menyiapkan tim yang komprehensif inilah yang membuat digelar. 

Pada pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan materi-materi namun hingga praktek di lapangan seperti dukungan psikososial untuk korban bencana, membangun tenda, menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (), Basic Life Support, hingga permakanan pada saat kebencanaan.

Baca Juga: Khofifah-Emil Sowan ke Muhammadiyah

Selain itu, menyampaikan penguatan sinergitas dan kolaborasi juga dilakukan hingga ke jajaran samping seperti Kodam V/Brawijaya dan Polda Jatim untuk melakukan mitigasi bencana terutama di musim penghujan seperti saat ini.

"Penguatan sinergitas dengan Kodam dan Polda terus kita lakukan. Juga penguatan jaringan di lini paling bawah serta yang tak kalah penting ialah koneksitas dengan rumah sakit di berbagai daerah," ujarnya.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

Usai mengikuti pelatihan, sebanyak 77 peserta dikukuhkan menjadi Sahabat Tagana. Proses pengukuhan ditandai dengan penyematan pin lencana oleh kepada peserta secara simbolis.

Sementara itu, Kepala BPSDM Ramliyanto dalam laporannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pelatihan tahun 2024 ini didasarkan pada kesadaran bahwa penanganan kebencanaan bukan hanya menjadi urusan namun dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi seluruh di , khususnya yang berasal dari , Dinsos, BPSDM, Satpol PP, Dinas Perpusakaan dan Kearsipan, hingga Rumah Sakit.

"Kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar kami di BPSDM untuk implementasikan arahan Ibu terkait dengan rembug nyekrup. Sehingga menjadi kesadaran kolektif perangkat daerah yang hadir bahwa urusan bencana bukan sekedar urusan dan urusan dinas sosial yang terkait namun tetap menjadi urusan kami bersama," ujarnya. (dev/van)

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Banjir Bandang di Gunung Pandan Aceh, Satu Orang Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO