Ini Pesan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim saat Hadiri Pengukuhan Pengurus Ikatan Notaris Indonesia

Ini Pesan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim saat Hadiri Pengukuhan Pengurus Ikatan Notaris Indonesia Pelantikan dan pengukuhan pengurus dan rapat kerja wilayah Pengurus Wilayah Jatim Ikatan Notaris Indonesia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala , Heni Yuwono, menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus dan rapat kerja wilayah Pengurus Wilayah Jatim Ikatan Notaris Indonesia (INI), Selasa (30/1/2024). 

Saat itu, Heni mengapresiasi peran vital notaris dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, ia berharap notaris bisa selalu solid dan 'guyub rukun sak lawase.'

Baca Juga: Polisi Bongkar Motif Begal Perempuan di Surabaya

"INI harus bisa menjadi satu-satunya wadah yang menjaga marwah dan pengembangan profesi notaris," ujarnya didampingi Kadiv Yankumham , Nur Ichwan.

Menurut dia, acara yang dihadiri oleh sejumlah notaris dan anggota INI Jawa Timur ini menjadi momentum penting dalam merayakan keberhasilan organisasi dalam mengelola konflik internal serta menunjukkan kematangan dalam proses demokrasi.

"Kita perlu mendukung penuh ibu Isy Karimah Syakir selaku ketua INI Jatim yang baru untuk bisa menjadi pembawa perubahan dalam organisasi yang umurnya sudah seabad lebih," tuturnya.

Baca Juga: 200 Calon Notaris Jatim Ikuti Tes Kompetensi Berbasis CAT

Tak lupa, Heni berterima kasih dan penghargaan kepada para notaris dan Keluarga Besar INI Jawa Timur. Dia mengakui dedikasi, partisipasi, dan kontribusi yang telah diberikan oleh notaris selama ini dalam membangun bangsa dan negara, terutama dalam menjaga kepastian hukum dalam masyarakat.

"Sebagai profesi hukum di bidang keperdataan, notaris memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan laju pembangunan," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Harus Tahu Balai Harta Peninggalan!

Segala kesepakatan, perjanjian, atau kontrak antara warga masyarakat, lanjut Heni, memerlukan kepastian dan perlindungan hukum. Prinsip etika yang dipegang teguh oleh notaris, seperti amanah, jujur, saksama, mandiri, dan tidak berpihak, menjadikan mereka harapan bagi masyarakat dalam aktivitas perekonomian sehari-hari.

Dalam usianya yang telah mencapai kurang lebih 116 tahun, organisasi INI diharapkan mampu memberikan dukungan dan menciptakan ekosistem yang kondusif bagi notaris. Heni juga menekankan pentingnya menjaga integritas, saling belajar, dan meningkatkan pengetahuan dalam rangka menciptakan kondisi yang harmonis.

Pelaksanaan Konferwil INI Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2024 lalu dengan kondusif, Heni menilai bahwa notaris Jawa Timur menunjukkan kedewasaan dalam berorganisasi.

Baca Juga: Begal Perempuan Sasar Driver Taksi Online di Surabaya

"Meskipun Organisasi Nasional masih berupaya menyelesaikan konflik internal, INI Jawa Timur mampu menunjukkan bahwa kerukunan notaris telah menghasilkan proses demokrasi yang patut dijadikan contoh," ucapnya.

Tingkat keikutsertaan yang mencapai 65 Persen dalam pemilihan Ketua Perkumpulan mencatatkan rekor tertinggi dalam sejarah proses demokrasi INI Jawa Timur. Proses pemilihan dianggap fair, tertib, dan aman, menciptakan kebanggaan bagi Pembina notaris di Jawa Timur.

Baca Juga: Paradigma Baru Corporate University, Kanwil Kemenkumham Jatim Dorong Jajarannya Jadi Aktor Utama

Untuk itu, Heni mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketenteraman, dan kedamaian di Jawa Timur. Sehingga INI Jawa Timur dapat menjadi contoh bagi Ikatan Notaris Indonesia di seluruh Indonesia.

"Dengan semangat demokrasi yang matang dan komitmen untuk memperkuat profesi, INI Jawa Timur diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan hukum dan perekonomian di wilayah tersebut," ajaknya.

Pada kegiatan yang digelar di Dyandra Convention Hall itu juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Termasuk Ketua Pengwil Jatim INI yang baru, Isy Karimah Syakir dan Ketua Pengwil Jatim INI yang lama, Siti Anggraenie Hapsari. Beserta Pengurus Daerah dan Pengurus Wilayah Jatim yang baru yang berjumlah sekitar 300 orang notaris. (cat/mar)

Baca Juga: Koridor V Trans Jatim Rute Surabaya-Bangkalan Resmi Beroperasi

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO