Mahasiswa PMM UMM Gelar Konseling Peningkatkan Potensi Anak di Panti Asuhan Al-Akhlaqul Karimah

Mahasiswa PMM UMM Gelar Konseling Peningkatkan Potensi Anak di Panti Asuhan Al-Akhlaqul Karimah Mahasiswa Kelompok 21 PMM UMM, Dinda Akila Galuh Pramesty, saat melakukan konseling kelompok bersama anak panti asuhan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Kelompok 21 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 1 () menggelar konseling individu dan kelompok anak di Panti Asuhan Al-Akhlaqul Karimah, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Januari sampai 19 Februari 2024.

Ketua Pelaksana Kelompok 21 PMM Gelombang 1 Malang, Muchammad Sofiyulloh, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di panti asuhan bakal memberikan dampak positif bagi konseling di Panti Asuhan Al-Akhlakul Karimah.

Baca Juga: Mahasiswa Demo ke KPU Kota Malang, Tolak Calon Kepala Daerah Eks Narapidana

"Program kerja kegiatan konseling yang diadakan oleh mahasiswa PMM ini diharapkan dapat membantu anak-anak panti mengatasi masalah emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengelola stres," ujar Muchammad Sofiyulloh, Kamis (8/2/2024)

Dalam Kegiatan tersebut, mahasiswa juga membantu anak-anak panti dalam mengidentifikasi dan mengembangkan bakat minat, serta memberikan dorongan positif untuk meraih cita-cita.

"Konseling yang dilakukan mahasiswa tidak hanya bersifat responsif terhadap masalah, tetapi juga bersifat preventif dengan memberikan edukasi terkait keterampilan sosial, manajemen emosi, dan resolusi konflik," ujarnya.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Era Revolusi Industri 4.0 dalam Hal Komunikasi

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjukkan bahwa kegiatan konseling dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan psikososial anak-anak di panti asuhan.

"Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan anak-anak panti asuhan," jelasnya.

Menurutnya, tantangan dapat diatasi melalui inovasi dan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak terkait.

Baca Juga: Audiensi dengan UB, Kakanim Malang Kenalkan Inovasi Izin Tinggal untuk Mahasiswa Asing

Dengan demikian, kegiatan PMM berbasis konseling di panti asuhan bukan hanya memberikan manfaat kepada anak-anak panti, tetapi juga memperkaya pengalaman dan pembelajaran mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Panti Asuhan Al-Akhlakul Karimah Jamiatul Hasanah mengapresiasi digelarnya konseling individu dan kelompok anak di panti asuhan yang dipimpinnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi panti asuhan dan mahasiswa.

Baca Juga: Alami Hipotermia, Mahasiswa UB asal Sumut Meninggal saat Mendaki Gunung Arjuno

"Alhamdulillah anak-anak mahasiswa terbantu terkait jurusan perkuliahan yang cocok dengan bakat dan minat mereka," ungkapnya. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO