DKP Kota Kediri Evaluasi Keberadaan Bank Sampah

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri melakukan evaluasi pada bank sampah yang ada di kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dalam evaluasi itu, DKP meminta masukan pada semua kelompok bank sampah apabila ada kekurangan selama menangani bank sampah di lingkunganya.

Para kelompok bank sampah yang dimintai masukan mengatakan bahwa mereka menyayangkan karena program pemberdayaan masyarakat (prodamas) tidak bisa untuk mengcover program bank sampah di beberapa wilayah Kota Kediri,

Sementara Kabid Kebersihan DKP Kota Kediri Endang, dalam keteranganya mengimbau pada semua bank sampah untuk lebih menertibkan terkait admininstrasi. “Kami berharap pada kelompok bank sampah untuk melaporkan hasilnya, paling tidak dalam satu bulan sekali, agar pihak DKP bisa melakukan evaluasi lebih jauh tentang penaganan sampah,” ungkapnya.

Endang juga menambahkan, jika timnya di DKP dalam pengelolaan bank sampah di 3 kecamatan kota kediri diharapkan bisa melakukan jemput bola di beberapa bank sampah. "Tim kami juga melakukan jemput bola ke beberapa bank sampah, sebelum kelompok melaporkan hasil kerjanya selama ini,” katanya.

Sementara itu Endang juga membenarkan adanya keluhan beberapa kelompok bank sampah yang mengajukan kekurangan peralatan di kelompoknya melalui prodamas, namun ditolak oleh tim prodamas. Tim beralasan bahwa program bank sampah sudah dicover oleh DKP terkait dengan anggaran kebutuhan kelompok bank sampah. “Banyak yang mengeluh bank sampah tidak bisa mengajukan penambahan anggaran pada prodamas dengan berbagai alasan mereka para tim,” tambah Endang

Memang saat ini banyak kelompok bank sampah yang mengeluh karena kekurangan peralatan kerja, di antaranya motor gerobak dan timbangan duduk. Endang mengaku bahwa anggaran yang ada di DKP tidak mungkin bisa mengcover semua kebutuhan bank sampah, padahal kelompok tersebut sangat membantu pengurangan volume sampah di kota kediri.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Sementara itu pihak DKP akan segera menindaklanjuti keluhan kelompok bank sampah dan berjanji akan membahas keluhan tersebut dengan tim prodamas. (rif/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO