Manfaatkan Limbah Industri, PII Gresik Buat Perahu Penyelamat untuk BPBD Jawa Timur

Manfaatkan Limbah Industri, PII Gresik Buat Perahu Penyelamat untuk BPBD Jawa Timur Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo didampingi Ketua PII Gresik, Awang Djohan Bachtiar menyerahkan perahu penyelamat secara simbolis kepada BPBD Provinsi Jawa Timur. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - (PII) Cabang Kabupaten Gresik berhasil memanfaatkan limbah polyurethane (PU) foam dan limbah kantong plastik pupuk dari untuk memproduksi lifeboard atau perahu penyelamat yang dapat digunakan untuk evakuasi dalam bencana banjir.

sebanyak dua unit diserahkan oleh Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, 28 Maret 2024.

Baca Juga: Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik

Dwi Satriyo menyampaikan bahwa inovasi ini menggunakan limbah dari , yaitu PU foam yang banyak digunakan sebagai isolasi pendingin tangki dan plastik bekas kantong-kantong produk.

Bagi , kata Dwi, inovasi ini dapat mendukung komitmen pengelolaan lingkungan melalui program zero waste dan pengurangan emisi karbon.

"Inovasi ini menjadi kebutuhan, khususnya bagi yang sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan Proper Emas atau penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengelolaan lingkungan," ucapnya didampingi Ketua PII Gresik, Awang Djohan Bachtiar.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

Sementara itu, Awang Djohan Bachtiar menjelaskan inovasi ini merupakan kolaborasi antara PII Gresik, , dan Koperasi Konsumen Keluarga Besar (K3PG).

"Inovasi ini dapat menjadi strategi pengelolaan lingkungan bagi sebuah industri mengingat saat ini lingkungan menjadi isu global dan merupakan salah satu instrumen penting dalam pengelolaan lingkungan," katanya.

Berdasarkan perhitungan para ahli, penggunaan satu kilogram PU foam dapat mengurangi emisi karbon sebesar 2,7 kilogram. Sementara pemanfaatan satu kilogram plastik untuk daur ulang setara dengan pengurangan emisi karbon antara 6 hingga 10 kilogram.

Baca Juga: Dongkrak Kompetensi Pegawai, BPBD Jatim Gelar Pelatihan Asesmen Gedung dari Gempa Bumi dan Kebakaran

Tidak hanya itu, inovasi ini juga mampu menjadi salah satu strategi cost reduction program, karena dapat menekan biaya yang sebelumnya harus dikeluarkan untuk pengelolaan limbah.

"Dalam pengelolaan limbah, industri harus mengeluarkan biaya yang besar. Dan, alhamdulillah PII Gresik dengan inovasinya mampu menekan biaya tersebut, serta berhasil menjadikan limbah PU dan plastik dari yang awalnya tidak berguna menjadi bernilai tambah," tandasnya.

Lebih lanjut, Awang menjelaskan lifeboard ini dibuat dengan ukuran 4,5 meter kali 1,3 meter. ini memiliki kapasitas sepuluh orang atau mampu mengangkut beban antara 800 kilogram hingga 1.000 kilogram.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

" ini sangat berguna bagi BPBD dalam penanganan banjir. Bisa untuk evakuasi maupun mengangkut logistik. ini dapat mengapung meski kedalaman air hanya 15 centimeter sehingga sangat memudahkan bagi tim BPBD dalam menjalankan tugasnya di area banjir," terang Awang.

Sebelum diserahkan ke BPBD, lifeboard ini telah melalui tahapan uji coba. Yaitu di Telaga Ngipik yang ada di Kabupaten Gresik dan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya). "Alhamdulillah hasil uji coba, perahu ini sangat aman dan layak untuk dioperasionalkan," katanya.

Ia pun mengungkapkan jika inovasi ini masih sangat terbuka lebar untuk dikembangkan. Selain untuk lifeboard, PU foam dan plastik kantong pupuk ke depannya akan dimanfaatkan untuk pembuatan musala apung, rumah apung, dan lantai apung. Sehingga pemanfaatan barang bekas industri ini ke depan semakin besar dan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur, Gatot Soebroto, menyampaikan terima kasih atas support PII Gresik bersama dan K3PG dalam memudahkan tugas-tugas BPBD, khususnya di bencana banjir.

Ia menyampaikan, Jawa Timur memiliki potensi bencana dengan beragam jenis, karena itu dibutuhkan inovasi baik untuk mitigasinya maupun penanganannya.

"Kami berharap dukungan dari stakeholder, seperti dukungan PII dan . Semoga ke depan bantuannya bisa ditambah. Ketika menangani banjir, kadang kala ada kesulitan akses karena peralatan kami terbatas, bantuan ini sangat membantu," pungkasnya. (hud/rev)

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO