Pembelian Seragam Siswa Didik Baru Dikeluhkan Wali Murid di Kediri

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pembelian seragam sekolah untuk siswa didik baru di Kota Kediri dikeluhkan oleh wali murid. Padahal, Pemerintah Kota Kediri sudah menganggarkan kain seragam melalui APBD. Namun, pada kenyataannya Siswa masih diminta untuk membeli kain seragam di koperasi

Keluhan ini datang dari Wali Murid bernama Ninik. Dia mengatakan jika terpaksa membayar uang seragam, karena kain seragam yang diberikan pemerintah belum bisa diberikan karena masih proses lelang.

"Saya harus membayar uang seragam dan kegiatan kurang lebih Rp 1 juta, dengan rincian Rp 315 untuk uang kegiatan dan sisanya untuk pembelian seragam," kata Ninik yang mengaku anaknya sekolah di SMPN 3 kota Kediri

Hal senada dikatakan Ariya, yang mengaku anaknya sekolah di SMKN Negeri 1. Dia mengaku harus membayar seragam 3 pasang senilai Rp 1.230.000. Ia mengungkapkan keberatan jika wali murid diharuskan membeli seragam.

"Hal ini menjadikan program sosial pemerintah tidak bisa dirasakan oleh masyarakat, seharusnya proses lelang seragam jauh hari sudah dilaksanakan, agar ketika PPDB tidak memberatkan wali murid," ungkapnya kecewa.

Diketahui, meskipun Dinas Pendidikan sudah menyatakan tidak ada kewajiban untuk membeli seragam selama proses lelang selesai, namun beberapa sekolah tetap menganjurkan membeli seragam di koperasi. "Oleh pihak sekolah saya disarankan beli, dan pembelian kayaknya sudah diatur karena pembelian dilewatkan koperasi sekolah," terang Ariya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Kediri, Siswanto, membenarkan jika pemerintah Kota Kediri menganggarkan seragam untuk siswa SD, SMP, SLTA, SMKN. Ia juga mengatakan juka seharusnya akhir agustus ini para murid sudah menerima seragam tersebut.

"Namun karena adanya kendala laborat dalam proses lelang akhirnya September baru bisa terealisasi. Kita tidak mewajibkan untuk membeli seragam, boleh menunggu pembagian seragam itu, boleh membeli diluar," kata Siswanto.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Diketahui, Pemerintah Kota Kediri untuk menunjang dunia Pendidikan di Kota telah menganggarkan bantuan seragam pada seluruh siswa Yang bersekolah di Sekolah Negeri dengan APBD 2015 kurang lebih Rp 9 milyar. (rif/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO