Masyarakat Desa Asem Nunggal Sampang Protes Program Makadam dan PJU Belum Terealisasi

Masyarakat Desa Asem Nunggal Sampang Protes Program Makadam dan PJU Belum Terealisasi Gapura Desa Asem Nunggal, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. Foto: Ist.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat , Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, menyampaikan protes kepada pemerintah setempat karena program yang sudah dianggarkan dari dana desa (DD) belum terealisasi.

Program itu berupa makadam dan penerangan jalan umum (PJU). Kegiatan yang seharusnya sudah dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat hingga kini belum terwujud.

Baca Juga: Proyek Pasar dari Pusat di Sampang Retak-Retak, Lasbandra Desak APH Turun Tangan

Dari informasi yang diperoleh BANGSAONLINE.com, dua program kegiatan tersebut merupakan usulan masyarakat saat musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes). Kabarnya, anggaran untuk proyek tersebut sudah dicairkan pemdes setempat.

"Masyarakat di sini sangat menanti program makadam dan PJU itu segera direalisasikan. Pemdes jangan selalu menunda-nunda, apalagi dananya sudah dicairkan," kata Samsuri (44), tokoh masyarakat, Jumat (3/5/2024).

Ia mengatakan, kondisi jalan di saat ini sangat memperihatinkan. Masyarakat menilai, pemerintah desa kurang bergerak cepat untuk menangani infrastrukur tidak beraspal, berlubang, dan bergelombang.

Baca Juga: Langkah Pj Bupati Sampang Evaluasi dan Ganti Pj Kades Didukung Puluhan Ribu Masyarakat

"Seharusnya jika anggarannya sudah ada kenapa harus menunda? Pemdes jangan membiarkan keluhan masyarakat terlalu lama," ungkapnya.

Masyarakat Desa Asam Nunggal mengaku senang karena pengajuan pembangunan makadam dan PJU saat musrenbangdes beberapa bulan dikabulkan oleh penjabat kepala desa dan BPD. Tetapi sekarang rupanya harapan itu tidak diprioritaskan.

"Masyarakat bertanya-tanya karena program itu belum terealisasi sampai saat ini," tegasnya.

Baca Juga: Polda Jatim Periksa 10 Saksi Terkait Dugaan Korupsi di DPUPR Sampang

Sementara salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Asem Nunggal, Ainul Habibi, mengaku telah berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Asem Nunggal soal rencana peningkatan jalan dan pemasangan PJU.

Hasilnya, perbaikan infrastruktur itu akan direalisasikan pada pekan depan. Namun, lebih mengutamakan peningkatan jalan (makadam) sepanjang sekitar 200 meter, berlokasi di Dusun Pendeh. Sedangkan program selanjutnya disusul pemasangan PJU di sekitaran jalan Dusun Topak.

"Benar, dana desa telah cair, tapi Bapak Pj Kades belum melaksanakan pembangunan ini karena lagi sakit dan bilangnya pekan depan akan direalisasikan," pungkasnya. (tam/rev)

Baca Juga: Projo Sampang Kawal Pembangunan 2 Jalan Poros Kabupaten Senilai Rp91 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO