Ingin Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? RSU Kusuma Pamekasan Perkenalkan Metode ILA WELA

Ingin Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit? RSU Kusuma Pamekasan Perkenalkan Metode ILA WELA Suasana talk show di lantai 2 Rani Lani Hall RSU Kusuma Hospital yang berada di Lawang Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Foto: DIMAS MAULANA SUGIANTO/ BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum (RSU) menggelar talk show yang dihadiri oleh 50 bidan dari berbagai daerah, Sabtu (22/6/2024).

Dengan tema “Kupas Tuntas Normal Tanpa Nyeri Dengan ”, acara tersebut bertempat di lantai 2 Rani Lani Hall Hospital yang berada di Lawang Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.

Direktur Hospital dr. Achmad Marsuki menyatakan, suatu fase yang harus dilewati dalam kehidupan Ibu-Ibu adalah masa melahirkan yang harus menanggung beban sakit luar biasa. Bahkan bisa menyebabkan depresi akibat kesakitan dalam proses kelahiran.

"Para ahli telah berusaha, bagaimana caranya mengatasi rasa sakit supaya melahirkan lebih enak. Akhirnya ada teknik yang namanya ILA WELA ini. Jadi mereka saat melahirkan tetap sadar, lahir normal, cuman rasa sakitnya dikurang. Harapannya supaya mengurangi depresi kepada ibu yang melahirkan karna rasa sakit," katanya.

Sementara itu, dr Tatik Sujiati menjelaskan persalinan melalui metode ILA Wela ini dikhususkan untuk membantu para ibu hamil yang ingin melahirkan anaknya dengan tanpa rasa nyeri.

"Untuk metode ILA WELA ini dikhususkan membantu mengurangi rasa nyeri pada persalinan yang normal. Sudah dipastikan yang dilakukan teknik persalinan yang benar lahir normal, kemudian sudah kita pilih sejak awal pasien sehat yang tidak berisiko," tuturnya.

Tatik Sujiati menjelaskan, persalinan dengan metode ILA WELA ini banyak dipakai oleh rumah sakit umum di luar Madura. Hanya saja di Pamekasan dan Madura jarang menerapkan metode ini karena teknik persalinannya harus dilakukan dokter spesialis anestesi.

"Kami di ini memiliki dokter spesialis anestesi, dokter Aceng Apandi yang memang berpengalaman dan sudah melakukan pendidikan dan pelatihan. Tidak sembarang orang bisa melakukan metode ILA WELA dalam proses persalinan," katanya.

Talkshow tersebut dihadiri oleh dua narasumber. Yakni dr Aceng Apandi, spesialis anestesi dan dr Tatik Sujiati, spesialis kandungan sekaligus owner Hospital Pamekasan. (dim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO