Mengapa Masih Ada Pendaki yang Tersesat di Gunung?

Mengapa Masih Ada Pendaki yang Tersesat di Gunung? Foto: BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mendaki gunung menjadi salah satu olahraga yang banyak disukai orang. Setiap tahun selalu ada pendaki-pendaki baru, khususnya saat liburan sekolah. 

Mereka menyukai olahraga ekstrem ini dengan berbagai alasan, mulai dari sekedar berfoto, olahraga, hobi, atau mungkin karena penasaran dengan sensasi . Sedangkan kasus pendaki tersesat atau kecelakaan masih sering terdengar. 

Sebagian orang akan menganggap hal ini masih terkait dengan mistis gunung. Benarkah demikian? Faktanya tidak, mistis gunung akan dianggap mitos dalam hal ini. Lantas apa yang menjadi penyebab sebenarnya? Berikut akan kami ulas beserta tips agar tetap safety selama pendakian.

Jangan Coba-coba Mencari Jalur Sendiri

Salah satu penyebab pendaki tersesat diantaranya adalah bayak yang sengaja mencari jalur tanpa berdasarkan arahan dari rangers. Padahal di pendakian sekarang, rangers akan memberikan peta yang berisi rute menuju puncak, estimasi waktu, lokasi mata air (jika ada), dan kompas. 

Sedangkan pendaki baru atau yang belum berpengalaman akan mencari rute yang dianggap lebih cepat dari yang ada di peta dengan cara mengira-ngira. Biasanya mereka akan memotong jalur dengan cara menerobos semak-semak yang dikiranya mampu memotong jalur. 

Hal inilah yang menjadikan pendaki tersesat atau bahkan terperosot ke jurang. Sebab, medan yang tidak rata seringkali tertutup semak-semak. Maka, hendaklah mengikuti arahan rangers.

Jangan Lapar

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO