Jaga Keamanan Data, Pemkot Kediri Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Kependudukan

Jaga Keamanan Data, Pemkot Kediri Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Data Kependudukan Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit, saat memberi sambutan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri menggelar Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Pengelolaan Informasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan, Senin (30/9/2024), di salah satu hotel di kota setempat.

Hal itu, untuk pengelolaan data kependudukan yang baik untuk menjadi kunci penting dalam layanan administrasi, termasuk dalam bidang pendidikan, kesehatan, hingga penyusunan kebijakan publik.

Baca Juga: Di Sosialisasi KITA, Pj Wali Kota Kediri Dorong Kemudahan Warga dalam Administrasi Kependudukan

Kegiatan yang dihadiri 55 peserta dari berbagai instansi terkait, seperti kecamatan, kelurahan, mitra Dukcapil, perguruan tinggi, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, stakeholder kesehatan, KPU, dan Bawaslu ini, diisi langsung oleh Direktur Integrasi Data Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Agus Irawan dan Kasubdit Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Mohammad Priyono sebagai narasumber.

Kepala , Marsudi Nugroho menekankan pentingnya pengelolaan dta yang aman.

“Kami dari Dispendukcapil bertugas menginput, mengelola, dan mengolah data yang output-nya bisa dimanfaatkan oleh pihak terkait, dengan menjaga kerahasiaan data,” jelas Marsudi.

Baca Juga: Tingkatkan Capaian IKD, Dispendukcapil Kota Kediri Lakukan Jemput Bola ke Kejaksaan

Ia berharap, para peserta dapat memahami dan menyebarluaskan informasi terkait pengelolaan dan pemanfaatan data ini.

“Prosedur penggunaan data harus jelas, sehingga pemanfaatan data bisa mendukung kesejahteraan masyarakat tanpa mengorbankan kerahasiaannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Marsudi menegaskan, bahwa data kependudukan memiliki server tersendiri di Kemendagri, terpisah dari server PDN yang sempat mengalami galat beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jemput Bola Wajib KTP-El Pemula, Dispendukcapil Kota Kediri Keliling Sekolah

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena keamanan data tetap menjadi prioritas kami,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit, dalam sambutannya menyampaikan bahwa administrasi kependudukan adalah dasar layanan dari semua kebutuhan administrasi warga negara.

“Data kependudukan sangat penting dan vital, baik bagi masyarakat maupun pemerintah, untuk penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan. KPU juga memanfaatkannya dalam penentuan daftar pemilih pada pemilihan umum maupun pilkada,” kata Bagus.

Baca Juga: Sasar Siswa SD, Dispendukcapil Kota Kediri Kembali Gelar KIA Goes to School

Bagus berharap, agar semua instansi yang memiliki akses terhadap pengelolaan data kependudukan benar-benar menjaga keamanannya.

“Data kependudukan harus dimanfaatkan secara positif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta untuk mempermudah pelayanan. Kami juga mengharapkan adanya kolaborasi antara dengan daerah sekitarnya untuk menghindari data ganda, terutama dalam kepentingan Pilkada,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini, lanjut Bagus Alit, juga bertujuan untuk mempersiapkan Pilkada di Kota Kediri, terutama terkait dengan hak akses data bagi pihak terkait.

Baca Juga: Wali Kota Kediri Teken Kesepakatan Bersama Layanan Administrasi Kependudukan dan Kesehatan

"Dengan ikhtiar bersama, diharapkan pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan dapat berjalan dengan baik dan aman demi kesejahteraan masyarakat,"pungkasnya . (uji/rif).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO