Cabup Subandi Ajak Pemuda Dialog dalam Rencana Pembangunan Sidoarjo

Cabup Subandi Ajak Pemuda Dialog dalam Rencana Pembangunan Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Sidoarjo Subandi mengajak generasi muda untuk ikut membangun Kabupaten Sidoarjo seluas-luasnya. Ajakan itu disampakan ketika bertemu di Warkop Seven, Jalan Mojopahit, Sidoarjo, Jumat (11/10/024) malam.

Dalam pertemuan itu, Cabup Subandi mengajak dialog pemuda dari berbagai organisasi, mahasiswa, dan juga pemuda desa dan kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga: Cabup Mas Iin Beri Kesempatan Pemuda Ikut Berkontribusi Sejahterakan Sidoarjo

"Peran generasi muda sangat penting dan besar dalam pembangunan daerah. Sebagai pemimpin kepedulian kepada kaum muda itu saya tunjuukan dengan pemberian beasiswa perguruan tinggi, tahfidz, santri, anak yatim, dan sebagainya," ujar Subandi.

”Generasi muda harus dipersiapkan dan tidak hanya sekadar cerdas secara akademis, tetapi juga mampu memimpin dan berdaya saing di dunia kewirausahaan,” tambah dia.

Subandi menyebutkan program 14 Kerja BAIK untuk Sidoarjo. Salah satunya adalah penciptaan 100 ribu lapangan kerja. Bersama pengusaha dan stakeholders lain, Pasangan BAIK (Subandi-Mimik) siap mewujudkannya.

Baca Juga: Lantik PAW PPK Candi, Ketua KPU Sidoarjo Tekankan Bekerja Profesional

Begitu pula program beasiswa. Sekitar 10 ribu beasiswa sudah diberikan selama dirinya menjabat wakil bupati bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Jumlahnya dipastikan terus diperbanyak pada 2025 mendatang.

Ada pula pembangunan creative space. Ruang publik untuk anak-anak muda yang ingin berkreasi dan berinovasi. Creative space ini akan dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Lokasinya disebar merata di 18 kecamatan se-Sidoarjo.

”Kami ingin memberikan ruang seluas-luasnya untuk anak-anak muda yang kreatif dan inovatif,” tambah Subandi.

Baca Juga: Ratusan Warga Madura di Sidoarjo Deklarasi Siap Menangkan Paslon SAE

Untuk bidang-bidang kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan UMKM, banyak program yang disiapkan. Sebagian besar malah sudah dilaksanakan. Jadi, tinggal melanjutkannya saja dengan revisi-revisi agar lebih baik.

Bagaimana strateginya membangun Kabupaten Sidoarjo masa depan? Calon Bupati Sidoarjo Subandi menegaskan lagi pentingnya tiga pilar besar pembangunan.

"Pertama, grand design pembangunan Kabupaten Sidoarjo punya rencana yang jelas. Grand design pembangunan ini menguatkan langkah-langkah strategis pembangunan,” terang Subandi.

Baca Juga: Cawabup Mimik Ikut Panen Ikan di Tanggulangin dan Tawarkan Solusi Bagi Petambak

Kedua, Kabupaten Sidoarjo harus punya master plan smart city. Perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan program dilakukan secara digital. Ketiga, menerapan sistem meritokrasi (merit sytem) dalam penataan birokrasi.

"Tidak ada lagi jual-beli jabatan atau titip-titipan pejabat. Birokrasi ditata berdasar kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Kabupaten Sidoarjo punya banyak pejabat hebat. Mereka ditempatkan sesuai bidang keahliannya," tegas dia.

Dalam dialohh itu ada peserta yang menayakan persoalan penangan sampah. Subani menegaskan, kalau sapah adalah persoalan penting yang harus diatasi.

Baca Juga: Relawan Pemuda Baik Gelar Nobar Indonesia Vs Bahrain, Ada Doorprize hingga Snack dan Minum Gratis

"Misalnya, memperbanyak tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di desa-desa. Kesadaran masyarakat juga sangat perlu ditingkatkan. Tidak membuang sampah seenaknya. Dirinya juga selalu sigap jika ada pengaduan. Di Tarik pernah ada pengaduan masuk ke HP saya. Sungai dipenuhi sampah. Langsung saya sidak saat itu juga dan cepat dibersihkan," ungkap Subandi.

Aliansi Pemuda Sidoarjo pada kesempatan itu membacakan deklarasi untuk kemajuan Sidoarjo. Isinya enam harapan para pemuda Sidoarjo. Di antaranya, penyediaan wadah bagi anak-anak muda untuk berperan aktif, perlindungan dari bahaya narkoba dan kekerasan, dan sebagainya. (cat/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO