Rayakan HUT ke-62, DWP Bapenda Jatim Gelar Baksos

Rayakan HUT ke-62, DWP Bapenda Jatim Gelar Baksos Kepala Bapenda Jatim saat memberikan bantuan berupa kursi roda dalam bakti sosial.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT ke-62 Badan Pendapatan Daerah (Bependa) Jawa Timur, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bapenda Jatim, menggelar bakti sosial (baksos) di Kantor Bersama Samsat Malang Kota, Kecamatan Sukun, Minggu (13/10/2024).

Tema HUT ke-62 Bapenda Jatim tahun ini yaitu 'Menjalin tali asih dan memupuk kepedulian sosial, sebagai wujud kerja nyata DWP Bapenda Jatim menuju Indonesia Emas 2045'. Hadir pada acara baksos ini, Kepala Bapenda Jawa Timur, Kepala UPT PPD se-Jawa Timur beserta istri, dan para mitra kerja Bapenda.

Baca Juga: Pemprov Jatim Gelar Program Pemutihan Pajak, Berikut yang Dibebaskan

Baksos yang digelar di halaman Kantor Bersama Samsat Malang Kota ini antara lain berupa pemeriksaan umum, pemeriksaan mata, pijat refleksi, akupuntur/tusuk jarum, dan khitanan massal. Sasaran baksos kali ini adalah masyarakat di sekitar lingkungan UPT PPD Malang Kota, UPT Malang Utara dan UPT Malang Selatan.

Jumlahnya mencapai 300 orang, selain mendapat pemeriksaan kesehatan dan sembako gratis, sebagian diantaranya juga mendapat bantuan kursi roda dan kaki palsu. Masyarakat juga mendapat obat secara gratis serta program orang tua asuh pengentasan stunting.

Sementara itu, Kepala Bapenda Jatim, Bobby Soemiarsono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh mitra kerja Bapenda yang sudah membantu acara Baksos kali ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif, mencurahkan daya upaya secara ikhlas dalam membantu masyarakat.

Baca Juga: Pesan Menohok Pj Gubernur Jatim saat Tinjau Gedung Baru Samsat Bangkalan

"Kegiatan baksos ini sangat positif. Telah digelar secara bergiliran di UPT sehingga lebih banyak masyarakat yang terkena dampak positifnya," ujarnya.

Ditambahkan, saat ini kita akan menuju Indonesia emas 2045. Menurutnya, DWP memiliki peran penting, terkait dengan sumber daya manusianya. Pasalnya, yang menyiapkan generasi emas di tahun 2045 nanti adalah ibu-ibu sebagai orang terdekat.

Baca Juga: Luncurkan Samsat ATM QRIS, Gubernur Khofifah Dorong Bapenda Jatim Terus Berinovasi

"Peran penting DWP yaitu membentuk SDM yang tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga sehat mentalnya. Kemudian upaya ini diterjemahkan ke dalam program-program kerjanya," terangnya.

Baksos ini merupakan kegiatan rutin DWP Bapenda setiap tahun. Hal ini sebagai bentuk rasa jiwa kepekaan sosial DWP Bapenda untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Baksos seperti ini sudah dilakukan DWP Bapenda Provinsi Jawa Timur lebih kurang 10 tahun. Kegiatan ini akan terus dilanjutkan sehingga membawa manfaat yang besar kepada masyarakat.

Pak Sehat, salah seorang warga Kelurahan Bantaran, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang memeriksakan penyakit paru-parunya mengaku bersyukur ada pelayanan kesehatan secara gratis yang digelar Bapenda.

Baca Juga: Gubernur Khofifah: Program Pemutihan PKB Jatim Berakhir Besok

"Alhamdulillah mas. Ada pelayanan kesehatan gratis. Semoga acara seperti ini bisa dilakukan di tahun-tahun mendatang," ujarnya. Ia mengetahui informasi baksos ini dari anaknya yang bekerja di Samsat Bersama Malang Kota. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO