Kembali Torehkan Prestasi, Pj Wali Kota Kediri Sabet Penghargaan di Hari Pangan Sedunia

Kembali Torehkan Prestasi, Pj Wali Kota Kediri Sabet Penghargaan di Hari Pangan Sedunia Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat menyerahkan penghargaan kepada Pj Wali Kota Kediri, Zanariah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, menerima penghargaan pada Award Peduli Ketahanan Pangan, Rabu (16/10/2024). Pemkot Kediri meraih penghargaan pada kategori Ketersediaan Pangan.

Penghargaan diberikan oleh Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, di Jatim Expo, bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 Provinsi Jawa Timur. Saat menerima penghargaan, Pj Wali Kota Kediri didampingi Moh. Ridwan selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, .

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Ajak Semua Pihak Bangun Sistem Pangan yang Tangguh dan Berkelanjutan

"Alhamdulillah kita kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini kita meraih Award Ketahanan Pangan. Penghargaan ini kita raih setelah berbagai tahap penilaian dan juga kita mempunyai inovasi," kata Zanariah.

Ia mengatakan, Kota Kediri memiliki inovasi dalam hal Sekolah Peduli Inflasi yang bekerja sama antara Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri, dan pemerintah daerah setempat. Pada program tersebut, siswa diajak terlibat aktif dalam pengendalian inflasi melalui urban farming untuk ketahanan pangan, serta menciptakan Kota Kediri Aman Pangan di Pasar Swalayan.

"Kita ajak semua untuk memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada di lingkungannya. Harapannya kebutuhan pangan rumah tangga bisa terpenuhi di tingkat rumah tangga. Sehingga ketahanan pangan dapat tercipta," paparnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Apresiasi Performa Timnas Indonesia saat Melawan China

Nantinya, lanjut Zanariah, Pemkot Kediri akan terus melakukan pendampingan Sekolah Peduli Ketahanan. Lalu juga pendampingan pelaku usaha pangan segar untuk memperoleh Sertifikat Prima 3, serta izin registrasi pangan segar asal tumbuhan.

"Kita akan terus berupaya agar ketersediaan pangan terus terpenuhi. Kita concern memanfaatkan potensi yang bisa kita kembangkan di Kota Kediri," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO