Komda Lansia Jatim Tinjau Layanan Warga Binaan Lanjut Usia di Lapas IIB Ngawi

Komda Lansia Jatim Tinjau Layanan Warga Binaan Lanjut Usia di Lapas IIB Ngawi Kunjungan Komda Lansia Jatim di Lapas kelas IIB Ngawi

NGAWI,BANGSAONLINE.com - Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ngawi menerima kunjungan dari Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia Provinsi Jawa Timur untuk meninjau layanan dan pembinaan pada Warga Binaan Pemasyarakatan () lanjut usia.

Selain meninjau pelayanan terhadap lanjut usia , rombongan Provinsi Jawa Timur yang didampingi Bina Kesra Jatim, Dinas Sosial Jatim, Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim tersebut juga bertujuan melakukan monitoring dan evaluasi di intansi terkait.

Baca Juga: Peringatan Haornas, Pj Adhy Apreasi Atlet Jatim yang Berlaga di Berbagai Olimpiade dan Kejuaraan

Dalam agenda kunjungannya kali ini, Arman Linda beserta rombongan dengan didampingi beberapa pejabat struktural Lapas Ngawi langsung diarahkan ke ruang Media Center Lapas Ngawi.

Hal tersebut dilakukan sebelum melihat secara langsung kondisi di dalam lapas untuk mendengarkan paparan yang disampaikan Devy Puji Astuti selaku Kasi Binadik dan Giatja.

Di Lapas Ngawi, Warga Binaan Pemasyarakatan () lansia mendapatkan perhatian khusus melalui berbagai program pembinaan, perawatan, dan fasilitas yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka dan dengan pendekatan yang holistik.

Baca Juga: Laporan soal Kades di Malang Tak Netral Ditolak, Tim Paslon Gus Banding ke Bawaslu dan DKPP Jatim

Lapas Ngawi terus berupaya untuk memberikan lingkungan yang mendukung dan memadai bagi lansia, memastikan mereka dapat menjalani masa hukuman dengan lebih baik.

Selesai mendengarkan paparan dan sesi tanya jawab rombongan meninjau langsung ke kamar khusus lansia yang ada di .

Baca Juga: Upaya Jaga Kamtibmas Selama Pilkada Serentak, Polres Ngawi Gandeng Influencer dan Pegiat Medsos

Setiba di kamar khusus lansia tersebut, rombongan menyempatkan diri melakukan obrolan santai dengan beberapa lansia yang kebetulan ada di dalam kamar.

Secara bergantian, ditanyai mengenai perkara pidananya dan kegiatan serta pelayanan yang diberikan oleh .

Dalam obrolan santai tersebut, para pun tak canggung menceritakan penyebab dirinya bisa sampai masuk ke dalam lembaga pemasyarakatan.

Baca Juga: Kemenkumham Jatim Gelar Penandatanganan Kontrak Addendum dengan 34 OBH Terakreditasi

Menanggapi hal tersebut, menyampaikan apresiasi kepada yang telah memberikan perhatian khusus bagi lansia. 

Menurutnya fasilitas yang diberikan oleh Lapas sudah cukup menunjang untuk kehidupan lansia dan membuat Lansia menjadi Kepribadian yang lebih baik.

“Kesan pertama kami saat masuk ke ini kami sangat senang, lingkungannya bersih dan lansia yang sedang dibina di Lapas ini terlihat guyub dan rukun. Fasilitas dan pembinaan yang diberikan oleh Lapas juga sudah cukup menunjang bagi para lansia” jelas Arman Linda .

Baca Juga: Didoakan Menang Pilgub oleh Pedagang Pasar Sepanjang, Khofifah: Buah yang Dijual Berkualitas Premium

Kasi Binadik Devy Puji Astuti menjelaskan bahwa saat ini Lapas klas IIB Ngawi mengalami over kapasitas, sehingga ia mengakui bahwa hal tersebut terkadang menjadi kendala dalam memaksimalkan pembinaan.

“Namun kami selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada warga binaan kami, khususnya warga binaan yang masuk dalam kategori lanjut usia. Karena memang mereka membutuhkan Pelayanan dan Fasilitas yang khusus untuk kesejahteraannya,” ungkap Devi Puji Astuti.(nal/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Momen Haru Warga Binaan Lapas Ngawi Buka Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO