Kasus Pembongkaran Pagar Warga oleh Pemdes Mlangi, Polisi Segera Tetapkan Tersangka

Kasus Pembongkaran Pagar Warga oleh Pemdes Mlangi, Polisi Segera Tetapkan Tersangka TKP pembongkaran pagar milik warga Desa Mlangi, Kecamatan Widang. Foto: AHMAD CHOIRUDIN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Satreskrim Polres telah menaikkan perkara dugaan perusakan pagar rumah milik Pasutri Ali Mudrik (55) dan Suwarti (48), warga , Kecamatan Widang, yang dilakukan oleh pemdes setempat ke penyidikan.

Setelah naik ke penyidikan, selanjutnya akan ditetapkan tersangka atas kasus tindak pidana perusakan bangunan pagar milik pasutri tersebut, yang lahannya akan digunakan untuk pembangun saluran drainase atau gorong-gorong.

Baca Juga: Demo Kantor Pemkab dan DPRD, Ratusan Guru di Tuban Minta Diangkat PPPK

Kasatreskrim Polres , AKP Dimas Robin Alexander, menyampaikan sudah ada sebanyak 15 orang saksi yang dimintai keterangan terkait pelaporan kasus pembongkaran pagar ini. Termasuk hasil pengukuran ulang BPN juga sudah keluar.

Dari pengukuran ulang yang dilakukan BPN, menunjukkan jika gorong-gorong dan pagar yang dibongkar masuk dalam sertifikat hak milik pelapor.

"Setelah kita periksa 15 orang dan didukung bukti-bukti (hasil ukur BPN, Red) yang ada, kasus pembongkaran pagar di ini sekarang naik ke sidik. Setelah ini tinggal tunggu penetapan tersangka," jelas Dimas, sapaan akrab Kasatreskrim Polres , Sabtu (19/10/2024).

Baca Juga: Tegas! Kuasa Hukum Warga yang Pagarnya Dirusak Pemdes Mlangi Tuban Peringatkan BPN Soal ini

Ditambahkan Dimas, untuk penetapan tersangka masih melalui beberapa proses penyidikan.

"Setelah ini akan dilakukan gelar perkara guna menentukan siapa yang akan dijadikan tersangka," imbuhnya.

Sementara itu, kuasa hukum pelapor, Nur Aziz, membenarkan bahwa hasil ukur dari BPN sudah keluar.

Baca Juga: Belum Terima Hadiah yang Dijanjikan, Pemenang Event Semarak UMKM Bersatu Tuban Lapor Polisi

Hasilnya, titik koordinat patok sesuai yang ada di objek tanah pada saat diukur. Yaitu pagar, dan bangunan saluran air masuk dalam tanah hak milik Suwarti sesuai dengan data yuridis tanah yang ada dalam sertifikat.

"Sangat terang benderang dari hasil ukur dan keterangan BPN, bahwa Pemdes telah melakukan tindakan sewenang-wenang, telah melakukan dugaan tindak pidana perusakan pagar rumah secara bersama-sama dan pencaplokan tanah hak milik Suwarti," tegasnya.

Dengan adanya hasil ukur ulang dari BPN tersebut, kata Aziz, klaim Pemdes bahwa pagar rumah masuk tanah jalan desa telah terbantahkan dan tidak terbukti kebenarannya. Atas dasar itu, pihaknya memohon pada penyidik segera melakukan gelar perkara dan menetapkan tersangka.

Baca Juga: Penyidik Polres Tuban Cek Lokasi Rumah Warga yang Pagarnya Diduga Dirusak Pemdes Mlangi

"Siapa pun yang terlibat harus ditindak tegas tanpa pandang bulu. Terlelebih karena unsur pidana perusakan bangunan milik orang di sini terlihat jelas. Itu dibuktikan dengan sertifiikat BPN yang dimiliki pelapor," tutupnya. (coi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO