Lewat Pandawa, BPJS Kesehatan Sidoarjo Permudah Pengurusan Administrasi JKN

Lewat Pandawa, BPJS Kesehatan Sidoarjo Permudah Pengurusan Administrasi JKN Warga melihat poster Pandawa untuk pengurusan kepesertaan JKN. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional () saat ini sudah tidak perlu khawatir jika ingin mengurus kepesertaan . Sebab, sudah ada inovasi baru yang dikembangkan oleh Kesehatan yaitu Pelayanan Adminstrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) di nomor 08118165165.

Pandawa merupakan aplikasi WhatsApp, sehingga peserta dapat mengaksesnya melalui pesan instan. Kepala Kesehatan Cabang Sidoarjo, Munaqib, menyebut Pandawa adalah solusi untuk masyarakat yang ingin mengakses layanan administrasi namun terkendali oleh jarak dan waktu.

Baca Juga: Bersyukur Biaya Pengobatan Cindy dan Keluarga Dapat Terbantu Berkat JKN

“Masyarakat Sidoarjo dapat mengakses layanan Pandawa ini dimana saja dan kapan saja sehingga tidak perlu datang ke Kantor Cabang. Adapun pelayanannya itu seperti pelayanan administrasi, informasi dan pengaduan,” tuturnya, Senin (21/10/2024).

Untuk pelayanan Pandawa ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, dari hari Senin sampai dengan hari Jumat. Jika ada yang mengaksesnya di atas pukul 15.00 WIB, maka akan diproses di hari berikutnya.

“Untuk pengisian formulirnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja karena formulirnya terbuka selama 24 jam. Sedangkan untuk pemerosesannya dilakukan di hari kerja ya. Semisal ada yang mengisi di hari Sabtu pagi, maka akan di proses pada hari Senin karena peserta mengisinya pada saat hari libur,” urai Munaqib.

Baca Juga: Cawali Bunda Fey Minta Prodamas Kota Kediri Dilanjutkan

Ia pun menyebut, kemudahan ini bisa dirasakan oleh semuanya baik yang sudah terdaftar sebagai peserta maupun yang belum. Untuk yang sudah terdaftar , peserta dapat memanfaatkan Pandawa ini untuk perubahan data dan yang lainnya, dan untuk yang belum terdatar sebagai peserta bisa mengaksesnya untuk mendaftarkan sebagai peserta dari segmen Peserta Bukan Peneriman Upah (PBPU).

“Dengan mengakses di nomor 08118165165, masyarakat bisa merasakan manfaat dari pelayanan Pandawa ini. Sehingga saya mengajak kepada warga masyarakat Sidoarjo agar dapat memanfaatkan layanan Pandawa,” katanya.

Munaqib juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Sidoarjo agar dapat memanfaatkan layanan Pandawa, karena selain mudah, pelayanannya juga tidak dipungut biaya apapun. Ia berpesan agar masyarakat berhati-hati bilamana ada pihak yang mengaku dapat membantu kepesertaan dengan meminta imbalan.

Baca Juga: JKN Hadirkan Beragam Maslahat, Parawat dari Kediri ini Beberkan Keistimewaannya

“Pandawa ini gratis ya, jadi hanya perlu akses internet ke WhatsApp dan formulir yang harus diisi. Saya juga berpesan agar masyarakat tidak mudah percaya bilamana ada pihak yang mengaku bahwa dirinya dapat membantu mengurus kepesertaan dengan meminta sejumlah imbalan. Sekali lagi saya tegaskan kalau ada yang mengaku dan meminta sejumlah imbalan, masyarakat bisa langsung melaporkan ke Kesehatan,” paparnya. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO