APK Bermasalah, KPU Kediri Panggil Rekanan

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Munculnya beberapa persoalan saat pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) resmi dari rekanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah kecamatan, mulai lokasi yang tidak strategis, hingga adanya beberapa APK yang roboh karena kurang kuatnya material, membuat KPU langsung memangggil pihak rekanan.

Berdasarkan data KPU, pemasangan APK yang bermasalah itu antara lain di Kecamatan Kunjang. Ada tiga APK yang roboh, padahal baru saja dipasang. KPU langsung memanggil Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan rekanan, serta berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) setempat.

Baca Juga: Bantuan dari Dhito Bikin Penjualan UMKM Rosela di Kediri ini Tembus Sampai Perancis

Suprianto, selaku PPK Kecamatan Kunjang mengatakan, ada beberapa hal yang harus dievaluasi dari pemasangan APK yaitu, teknis pemasangan. Berdasarkan aturan yang berlaku, tiang penyangga untuk APK harus dicor dan kedalamannya sekitar satu meter. “Di Kunjang ternyata belum dicor, begitu juga untuk kedalaman tiang penyangga masih meragukan. Kami berharap agar robohnya APK tersebut menjadi pelajaran dan tidak terulang di Kecamatan lain,” tegas Suprianto, Rabu (7/10).

‪Sementara itu, salah petugas dari rekanan Visi mengakui apabila proses pendirian APK itu belum tuntas. Pihaknya berjanji akan membenahi segala bentuk kekurangan yang ada di lapangan. Pihaknya juga siap menanggung resiko kalau sampai baliho APK tersebut jatuh dan menimpa korban.

Dalam rapat koordinasi tersebut, sejumlah PPK saling memberi masukan sehingga proses sosialisasi pilkada berjalan sempurna. Sesuai target, ada 1.000 lebih banner dan spanduk APK yang harus segera terpasang di semua wilayah Kabupaten Kediri. (rif/rev)

Baca Juga: Petahana Dhito Gagas Pertemuan Rutin RT/RW di Kediri, Penyaluran Bansos Jadi Salah Satu Fokus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO