Kepercayaan Aneh Warga Indonesia agar Cepat Dapat Jodoh

Kepercayaan Aneh Warga Indonesia agar Cepat Dapat Jodoh

BANGSAONLINE.com - Tak hanya ritual adat istiadat, pernikahan, ataupun kematian yang sering dijumpai proses dan tata caranya yang terbilang sangat aneh dan unik. Untuk masalah pasangan hidup pun ternyata di Indonesia sendiri masih banyak dipercaya mitos-mitos unik dan aneh seperti tentang ritual unik agar cewek enteng jodoh, bagaimana cara mendapatkannya agar lebih mudah mewujudkan keinginan tersebut biar gak kelamaan menjomblo.

1. Memegang Belut Raksasa (Morea)

Baca Juga: Lucu! Polisi Bagikan Takjil, Pengendara Putar Balik, Jalan Raya Sepi, Mengira Tilang

Mitos unik bikin cewek enteng jodoh ini berlaku di Ambon khususnya terletak di wilayah kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Di daerah tersebut ada sebuah kolam yang sangat terkenal bagi masyarakat asli suku ambon yaitu Kolam Pemandian Mata Air Negeri Waai (Wae Selaka). Air yang terdapat di kolam pemandian ciptaan ‘alam’ ini sangatlah jernih dan terasa sejuk, uniknya kolam tersebut juga sebagai tempat habitat belut-belut raksasa (Morea), di mana ukuran mereka sebesar paha anak-anak kecil.

Memang tidak sebegitu banyak jumlah mereka dan tidak mudah untuk menemukannya. Namun bagi seorang wanita yang masih single alias belum menikah jika melihat penampakan belut tersebut dan berhasil memegangnya meskipun hanya sebentar.

Konon, akan segera dipertemukan dengan pasangan hidupnya. Nah bagi kamu yang masih jomblo khususnya wanita, bila berendam di kolam mata air negeri waah jangan pernah pernah mengajak teman laki-laki, takutnya bisa salah sasaran, bukan belut raksasa yang dipegang malahan ‘ikan lele’ yang ditangkap.

Baca Juga: Cara Menghitung Weton Jodoh yang Benar

2. Mencuri Bunga Pengantin

Bagi masyarakat pulau jawa khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah tradisi unik mencuri bunga pengantinini masih diyakini sampai sekarang. Sebab, dalam adat pernikahan jawa yang sedang berlangsung, kedua calon mempelai pengantin akan saling melakukan prosesi memakaikan pernak-pernik/hiasan pernikahan seperti bunga melati, kalung atau umbai-umbai.

Konon katanya, siapa saja orang yang berani mencuri hiasan pengantin tersebut, dirinya akan segera menikah meskipun saat itu ia belum memiliki pasangan hidup. Jadi jika kamu seorang wanita curilah sekuntum bunga melati yang menempel di hiasan keris pengantin pria. Tenang saja tak perlu takut akan diteriaki maling saat kamu kepergok mencuri. Asalkan kamu tidak mencuri hati sang pengantin pria tersebut.

Baca Juga: Perjalanan Fathurrohman Hartono, Pelukis Sketsa yang Bisa Terawang Kehidupan Seseorang

3. Membasuh Wajah dengan Air bekas Siraman Pengantin

Wow..Pasti ciamik rasanya bila mencuci muka dengan bekas air siraman orang lain, meski terkesan jorok tapi sampai sekarang "mitos unik mendatangkan jodoh" ini bagi orang jawa masih tetap dilakukan. Mereka rela berebut dan berdesakan hanya untuk mendapatkan sisa air basuhan kedua pengantin. Konon, sedari dulu air bekas siraman pengantin ini dipercaya bisa membuat enteng jodoh agar segera menyusul ke pelaminan.

Katanya, tak lama dari tanggal berlangsungnya pernikahan pengantin tersebut. Sang wanita yang melakukan ritual unik ini akan terbuka aura wajahnya dan segera bertemu dengan pasangan hidupnya.

Baca Juga: Ingin Hidup Berdampingan dengan Tikus, Petani Kediri Gelar Selamatan dan Tanam Cok Bakal

4. Lempar Buket Bunga

Tradisi lempar buket bunga sebenarnya berasal dari pernikahan modern barat. Biasanya sang pengantin wanita akan melemparkan rangkaian bunga tersebut ke arah belakang, tepat di kerumunan pengiring pesta perkawinan. Para tamu wanita yang kebetulan masih jomblo akan rela menunggu, demi berebutan buket bunga dengan tamu-tamu lainya.

Dalam mitos perkawinan barat disebutkan bahwa siapapun wanita yang beruntung mendapatkan buket bunga yang dilempar oleh sang pengantin, dalam waktu dekat akan segera dilamar oleh pria menyusul naik ke pelaminan.

Baca Juga: Pembongkaran Makam Jongbiru, 30 Tahun Dikubur, Jenazah Mad Ihsan Masih Utuh

5. Pohon, Kolam pemandian dan Air terjun ajaib yang bisa cepat mendatangkan Jodoh

Berbeda dengan ritual unik agar cepat dapat jodoh seperti di atas yang mengandalkan khasiat dari sang pengantin sendiri. Kali ini air terjun dan kolam pemandian yang dipercaya bisa mendatangkan jodoh dengan cepat. Mitosnya bila seseorang mencuci muka, mandi atau berendam dengan air yang terdapat di tempat tersebut akan segera bertemu dengan pasangan hidupnya.

Di Indonesia sendiri tempat-tempat yang terkenal sebagai tempat ajaib mendatangkan jodoh di antaranya Sumber air di Taman Narmada Lombok, Sumur Keraton Kasepuhan di Cirebon, Kolam Jamala Bantimurun di Sulawesi Selatan, mata air gunung putri di Bandung dan di Air terjun curug putri yang berada di Cirebon. Bila kamu tidak menyukai ritual berendam di air, kamu bisa mencoba alternative lain nongkrong di Pohon enteng jodoh yang terdapat di kebun raya bogor.

Baca Juga: Geger, Warga Klampok Gresik Nikahi Kambing

Konon katanya, siapapun yang berkenalan dengan lawan jenis tepatdi dekat pohon jodoh meranti dan beringin putih, akan segera jadian dengan kenalan barunya tersebut. Jadi tunggu apalagi ladies, kalau ada cowok super ganteng lewat buruan SKSD dan ajakin kenalan, siapa tahu aja mitos aneh tersebut jadi beneran.

Sumber: beritaaneh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO