Tiga Paslon Bupati Ponorogo Diprediksi Bersaing Ketat

Tiga Paslon Bupati Ponorogo Diprediksi Bersaing Ketat

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Tiga pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Ponorogo 2015 diprediksi bakal bersaing ketat. Prediksi ini jika melihat hasil survey yang dilakukan SCG Consulting Surabaya dengan metodologi stratified random sampling terhadap WNI berusia 17 tahun ke atas sebanyak 400 responden yang tersebar di seluruh Kabupaten Ponorogo dengan tingkat MoE (margin of error) di 3% dengan tingkat kepercayaan 95%, dengan pengambilan data survei lapangan berlangsung 8-14 November 2015

Presentasi survei yang dilakukan Kamis (19/11) di Tosanan Jambon, ditemukan kembali beberapa fakta menarik bahwa kontestasi pilkada ini didominasi oleh tiga pasangan calon secara ketat.

Baca Juga: Ketua PKS Jatim Serahkan SK DPP untuk Marhaen Djumadi, Slamet Junaidi, dan Sugiri Sancoko

Keterpilihan atau elektabilitas ini didominasi oleh tiga pasang yaitu Sugiri-Sukirno memperoleh 33%, Amin-Agus 37%, dan Ipong-Sudjarno 27%. Sementara pasangan Misranto-Isnen hanya 3%.

Tiga pokok kekuatan pasangan Amin-Agus pada persepsi pemilih atas kedekatan Amin-Agus dengan rakyat (71%), keberhasilan pemerintah incumbent membangun fasilitas di bidang kesehatan (74%) dan pemilih merasa puas atas fasilitas infrastruktur pendidikan (87%).

Ditemukan juga walau 41% responden masih merasa harga obat terlalu mahal tetapi aksesibilitas ke fasilitas kesehatan relatif dipersepsi mudah (80%), gampang menemukan dokter (71%) dan 68% merasa orang miskin di wilayahnya tertangani dengan baik.

Baca Juga: Seru! Sugiri-Ipong Tanding Ulang pada Pilbup Ponorogo 2024

SCG merekomendasikan beberapa langkah untuk mempertahankan keunggulan elektabilitas Amin-Agus diantaranya terus menggerakkan mesin partai dan relawan dengan isu kampanye yang lebih menyentuh. (png/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO