6 Sekolah di Gresik Sabet Penghargaan UN Berintegritas dari Presiden

6 Sekolah di Gresik Sabet Penghargaan UN Berintegritas dari Presiden Kepala Dispendik, Mahin, Spd. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Upaya Pemkab Gresik menggenjot alokasi anggaran sektor pendidikan lebih dari 37 persen pada tahun 2015, berbuah manis.

Pada tahun 2015, sedikitnya 6 sekolah di Kabupaten Gresik menerima penghargaan Anugerah Ujian Nasional (UN) Berintegritas. Penghargaan yang identik sebagai Ujian Nasional Jujur diterimakan kepada 6 Kepala Sekolah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan disaksikan Mendikbud, Anis Baswedan, di Istana Negara, Minggu (27/12).

Baca Juga: Pastikan Awal MPLS Lancar, Wakil Bupati Gresik Sidak ke Sejumlah Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan, Mahin, didampingi Kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono menyatakan, ke-6 sekolah yang mendapat penghargaan tersebut semuanya sekolah negeri.

Masing-masing untuk tingkat SMTA, yaitu SMA Negeri 1 Gresik dan SMK Negeri 1 Cerme. Sedangkan tingkat SMTP yaitu SMP Negeri 1 Gresik, SMP Negeri 2 Gresik, SMP Negeri 3 Gresik dan SMP Negeri 1 Driyorejo.

Pihak Dispendik Gresik, lanjut Mahin, memberikan apresiasi kepada lembaga sekolah yang menerima penghargaan, karena telah melaksanakan UN dengan jujur. “Kami bersyukur atas capaian ini, semoga penghargaan ini dapat memberikan motifasi kepada sekolah lain untuk juga menciptakan UN yang berintegritas. Kami yakin tahun depan makin banyak sekolah di Gresik yang bakal menerima penghargaan ini,” katanya.

Baca Juga: Syahrul Terkesan dengan Sistem Pembelajaran di SMP Milik Ainun Najib

Mengutip pernyataan Mendikbud RI Anis Baswedan, ada 503 sekolah se-Indonesia yang dipilih berdasarkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) yang berhasil dipertahankan selama 6 tahun berturut-turut dengan nilai antara 92 sampai 99.

Anies Baswedan kemudian menyatakan bahwa bukan berarti yang berintegritas hanya 503 ini saja tetapi ada puluhan ribu yang lain.

Sesuai arahan Anies, nantinya seluruh sekolah yang berintegritas akan dipasangi plang. Maka masyarakat akan dapat mengetahui sekolah mana saja yang integritasnya tinggi dengan prestasi yang tinggi pula.

Baca Juga: Sertifikat Ditolak, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Dampingi Orang Tua Atlet Daftar PPDB Jalur Prestasi

"Nanti sekolah yang berintegritas itu kami pasang papan nama," pungkas Mahin. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO