Bawaslu Jatim Terbaik Tangani Kasus Pelanggaran Pilkada

Bawaslu Jatim Terbaik Tangani Kasus Pelanggaran Pilkada Bawaslu Jatim terima anugerah terbaik tangani pelanggaran pilkada.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu () Provinsi Jawa Timur memperoleh anugerah Award 2016 untuk kategori Penanganan Pelanggaran. Acara terebut membuat kagum Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE, Rabu (2/3) Penyerahan Anugerah disampaikan dalam acara Award 2016, di Balai Sarbini Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, dihadiri Ketua dan Anggota 34 Provinsi dan seluruh Panwaslih Kabupaten/Kota se Indonesia yang menggelar Pilkada serentak 2015.

Baca Juga: Diharapkan Ikut Awasi Pemilu, Bawaslu Kota Mojokerto Gandeng Emak-emak

Selain itu, acara penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua DKPP Jimly Assidiqie, Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dan Ketua RI Prof, Dr. Muhammad, beserta seluruh komisioner RI.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan kagum sekaligus heran dengan sistem politik Indonesia yang bisa saling menghormati. Contohnya, dalam hal posisi lembaga negara. Mana yang lebih tinggi, Presiden, MPR, DPR, KPU dan ? Ternyata tidak ada lembaga yang tertinggi. Karena semuanya sama tinggi.

“Contohnya Presiden terpilih dilantik berdasarkan SK KPU, Tapi KPU dilantik oleh Presiden. Lalu yang bisa mengawasi KPU adalah . Jadi siapa yang lebih tinggi?” kata Wapres yang disambut applaus panjang ribuan hadirin.

Baca Juga: Masuk Masa Kampanye Pilbup Blitar 2024, Baliho Petahana Masih Menjamur

Dalam kesempatan itu, Ketua RI Prof, Dr. Muhammad menyatakan, Award adalah wahana nuntuk memberikan reward atas terlaksananya Pilkada Serentak 2015 yang berintegritas.

“Sehingga kualitas demokrasi dapat lebih ditingkatkan dalam pemilu-pemilu berikutnya,” tegasnya.

Sementara itu, dari berbagai kategori penghargaan untuk tingkat kabupaten/kota, ada beberapa Panwaslih yang masuk nominasi. Panwaslih Kabupaten Mojokerto untuk bidang Penyelesaian Sengketa, Panwaslu Kabupaten Situbondo untuk kategori Penanganan Pelanggaran, Kabupaten Malang untuk kategori Sekretariat Terbaik dan Kategrori Panwsca Terbaik dari Panwascam Arjosari, Kabupaten Pacitan. Namun semuanya belum beruntung, untuk meraih penghargaan.

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten Blitar Minta Instansi Turunkan Baliho Petahana

Ketua Provinsi Jawa Timur, Dr. Sufyanto mengatakan, semua prestasi itu didedikasikan untuk pelaksanaan demokrasi, khususnya di Jawa Timur. “Terima kasih, penghargaan ini buat seluruh masyarakat Jatim dan kita dedikasikan untuk seluruh penegak demokrasi di tanah air,” ujar alumni peraih Doktor Komunikasi Politik di Universitas Airlangga ini. (dur/panwas)

Sumber: bawaslu jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO