Naskah Unas untuk Kepulauan Sumenep sudah Didistribusikan Sejak Minggu Kemarin

Naskah Unas untuk Kepulauan Sumenep sudah Didistribusikan Sejak Minggu Kemarin CEK: Petugas saat mengecek kelengkapan naskah Unas saat dititipkan Satbinmas Polres Sumenep. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

Listen to this article

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Meski pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) untuk tingkat SMA dan sederajat masih tanggal 4 hingga 6 April mendatang, tapi lembar soal atau naskah untuk kepulauan Sumenep didistribusikan lebih awal. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi cuaca buruk di perairan yang bisa menyebabkan terhambatnya distribusi naskah.

Distribusi naskah Unas untuk kepulauan terluar seperti Kecamatan kangean, Sapeken dan Masalembu, menggunakan kapal khusus. Butuh waktu sekitar 12 sampai 15 jam perjalanan laut dan harus menggunakan kapal Feri. Itu pun masih menyesuaikan dengan jadwal kapal yang hanya seminggu sekali bahkan dua minggu sekali.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, A. Sadik, memaparkan keamanan naskah soal dalam perjalanan di kawal dua petugas kepolisian dari Polsek serta petugas dari sekolah penyelenggara. Dalam perjalanan, naskah soal disimpan di dalam kamar ABK dan dijaga oleh polisi.

“Kita distribusikan sejak Minggu (26/3) kemarin,” paparnya, Senin (28/3).

Menurut Sadik, ketika nanti sudah tiba di lokasi, semua naskah Unas itu akan dititip di Mapolsek masing-masing. Hal itu untuk menjaga keamanan dan kerahasian. Bila sudah tiba waktunya, maka petugas akan mendistribusikan semua naskah Unas itu ke masing-masing lembaga penyelenggara.

Terdapat 7 kecamatan wilayah kepulauan yang mendapat prioritas Disdik Sumenep untuk dilakukan pendistribusian naskah Unas lebih awal, di antaranya Kecamatan Arjasa, dan Kangayan, Sapeken, Masalembu, Nunggunung, Gayam, dan Kecamatan Ra’as.

Sementara jumlah peserta Unas di Kabupaten Sumenep untuk tahun ini di antaranya SMA sebanyak 4.350 siswa, MA sebanyak 5.434 siswa, SMK sebanyak 1.328 siswa, dan SMALB sebanyak 3 siswa. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO