Tak Beraktivitas, Puluhan Koperasi di Kota Mojokerto Terancam Dibubarkan

Tak Beraktivitas, Puluhan Koperasi di Kota Mojokerto Terancam Dibubarkan ilustrasi

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dinkoperindag) Kota Mojokerto berancang-ancang membubarkan sebanyak 48 koperasi binaannya. Puluhan koperasi tersebut dalam posisi mati suri kendati telah beberapa kali diingatkan agar beraktivitas. 

"Puluhan koperasi yang mati suri itu akan kita bubarkan jika tetap tak melakukan aktifitas perkoperasian," ancam Ruby Hartoyo Kepala Dinkoperindag Kota Mojokerto, Minggu (17/4).

Baca Juga: TPID Kabupaten Mojokerto Antisipasi Inflasi Saat Ramadhan

Dari data di Dinkoperindag ada 252 koperasi yang terdaftar. Dari jumlah itu hanya 184 yang diketahui aktif atau melakukan kegiatan koperasi, sedangkan 48 lainnya tak aktif.

Dijelaskan mantan Kadishub ini faktor utama penyebab tidak aktifnya puluhan koperasi itu lantaran mereka tak melakukan kegiatan koperasi seperi Rapat Anggota Tahunan (RAT), ditinggal anggota dan seleksi alam. "Kita sudah berupaya melakukan pembinaan," imbuhnya.

Lebih lanjut Ruby mengatakan pihaknya memberikan batas waktu selama satu tahun agar puluhan koperasi yang mati suri melakukan kegiatannya. Namun, jika dalam waktu tersebut, mereka tetap tak melakukan kegiatan koperasi maka pihaknya memastikan akan membubarkan koperasi tersebut.

Baca Juga: Kuatkan Sinergi, Pj Wali Kota Mojokerto Terima Kunjungan Pimpinan Bank Jatim Mojokerto

"Kebanyakan dari koperasi simpan pinjam. Upaya pendekatan dan pembinaan sudah kita lakukan tapi jika tetap tak ada kegiatan akan kita bubarkan," tegasnya.

Ditemui terpisah, anggota DPRD Kota Mojokerto Deny Novianto menyayangkan fenomena tersebut. Ia berharap agar koperasi itu kembali beraktivitas dengan harapan cita-cita koperasi dapat tercapai. 

"Kita menyayangkan jika ada koperasi yang sampai ditutup. Padahal lembaga ini mempunyai peran yang penting untuk membangkitkan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca Juga: Di RAT Kopwan Kencono Wungu, Bupati Mojokerto Minta Komitmen Anggota

Ia juga berpesan agar Diskoperidag menjalin komunikasi lebih efektif dengan pengurus koperasi itu." Jangan keburu ditutup sebelum ada pembicaraan antara Diskoperindag dengan pengurus," pungkasnya. (yep/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO