Produk Karya Unggulan Narapidana Dipamerkan, Menperin: Lapas Juga Bisa Cetak Wirausahawan

Produk Karya Unggulan Narapidana Dipamerkan, Menperin: Lapas Juga Bisa Cetak Wirausahawan Menteri Perindustrian Saleh Husin (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly (tengah) saat melihat pameran hasil karya para narapidana di Gedung Kemenperin, Selasa (19/4) Jakarta. foto: rakisa/ BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Beragam produk hasil karya para narapidana dari 33 Provinsi menghiasi Pameran Karya Unggulan Narapidana Tahun 2016 di Gedung Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (19/4). Produk itu mulai dari kerajinan tangan hingga kuliner.

Ajang tahunan yang diselenggarakan atas kerja sama Kementreian Perindustrian dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) ini bakal diselenggarakan sampai Jum'at (22/4) mendatang.

Baca Juga: Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik

Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin, dalam sambutan pembukaan pameran mengatakan, lembaga pemasyarakatan (Lapas) dapat menjadi ruang pembinaan dalam menumbuhkan kreativitas dan inspirasi bagi penghuninya. Sehingga, lapas juga berpeluang mencetak wirausaha industri baru.

"Wirausaha baru tersebut diharapkan turut memberikan efek positif pada lingkungan sekitar yang tentunya dijalani setelah selesai masa pembinaan," kata Saleh di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/4).

Saleh juga mengatakan bahwa program pembinaan keterampilan itu diharapkan dapat membantu deradikalisasi yang dapat berkembang di lapas. Bahkan menurutnya, dapat juga dijadikan sebagai upaya untuk memperbaiki diri bagi narapidana atas kesalahan dan kekeliruan yang telah diperbuatnya.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

"Dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan, pidana dan penjara bukan semata-mata sebagai sebuah hukuman, namun lebih menitikberatkan pada pembinaan kepribadian dan kemandirian dalam rangka reintegritas sosial warga binaan untuk kembali kedalam masyarakat setelah bebas nanti," ucapnya.(jkt1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO