Tim Politeknik Negeri Surabaya Wakili RI dalam Kontes Robot ABU Robocon

Tim Politeknik Negeri Surabaya Wakili RI dalam Kontes Robot ABU Robocon Tim PENSAE foto bersama dengan Prof M Nuh.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim PENSAE dari Politeknik Negeri Surabaya (PENS) berhasil menjadi juara pertama divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) setelah mengalahkan tim Robot IR-LAND dari politeknik Negri Jember dalam ajang Kontes Robot Indonesia 2016 Tingkat Nasional.

Hanya waktu 24 detik PENSAI berhasil menyelesaikan pertandingan dengan mulus tanpa kendala.Kemenangan ini sekaligus mengantarkan PENSAE untuk menjadi wakil Indonesia dalam Kontes Robot ABU Robocon, yang akan diadakan di Thailand Agustus mendatang.

“Saya bersyukur atas prestasi ini, semua berkat kerjakeras tim robot PENS, para pembimbing serta dukungan dari civitas akademika PENS,” kata Dr. Zainal Arief, ST. MT, di Surabaya Supermall Convention Center, Sabtu (4/5).

Meski berhasil mengembalikan prestasi KRAI, PENS harus rela melepas gelar juara bertahan KRSBI yang telah digenggam selama 5 kali berturut-turut. EROS harus puas berada di posisi kedua setelah ditundukkan BARELANGFC dari Politeknik Negeri Batam dengan skor 3:0.

“Robot EROS berusia 5 tahun, dan sudah tua untuk ukuran robot. Sehingga performanya menurun dan sudah tidak seprima dulu. Ini merupakan kesempatan bagi tim yang lain untuk mengalahkan EROS,”kataDr. Ir. EndraPitowarno, M.Eng, ketua Juri KRSBI.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 114 tim robot dari 51 perguruan tinggi se-Indonesia siap mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 di Surabaya pada 1-4 Juni. Mereka merupakan hasil seleksi dari empat regional yakni Sumatera, DKI Jakarta, Jateng, dan Jatim.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui lebih lanjut keputusan dewan juri mengenai pemberian gelar juara 1, juara 2, juara 3, Juara Harapan, DesainTerbaik, dan Strategi Terbaik, serta penentuan juara umum yang akan ditentukan melalui mekanisme rapat dewan juri. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO