Santri Jogo Kali Jombang Peringati HUT RI dengan Cara Upacara di Sungai

Santri Jogo Kali Jombang Peringati HUT RI dengan Cara Upacara di Sungai Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang digelar di sungai oleh Santri Jogo Kali Jombang. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Komunitas Santri Jogo Kali Jombang, Jawa Timur, memperingati HUT ke-71 RI dengan cara yang unik. Yakni, mereka menggelar upacara di Sungai Jombang Wetan. Warga dan relawan penggiat sungai pun turut dalam kegiatan tersebut.

Upacara dimulai pukul 08.30 WIB. Peserta upacara berjejer rapi di tengah sungai. Sedangkan untuk mimbar, peserta menggunakan beberapa bilah papan agar bisa mengapung yang di tengahnya dipancangkan tiang bendera. Bukan hanya orang dewasa, sejumlah bocah pun turut ikut upacara tersebut.

Beberapa menit kemudian, tiga orang berseragam pramuka mengibarkan bendera Merah Putih. Namun caranya berbeda dari upacara biasa. Ketiga orang itu menancapkan bendera yang terikat pada sebilah besi kecil ke sebuah tiang di rakit sambil diiringi nyanyian lagu Indonesia Raya dari para peserta upacara.

Fatkhurrahman, Koordinator Komunitas Santri Jogo Kali, mengatakan acara itu merupakan kali pertama di Jombang. Acara itu bertujuan menyampaikan pesan agar masyarakat menjaga kelestarian sungai di Jombang. Sebab, sungai-sungai di Jombang sudah tercemar limbah pabrik dan sampah.

"Dengan acara ini, semoga masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah atau limbah di Sungai," kata Fatkhurrahman lokasi acara.

(BACA: Lintas Komunitas Pemuda Gelar Upacara Kemerdekaan di Jombang, Slanker dan Punk Peserta)

Setelah upacara selama kurang lebih 30 menit, peserta lantas membersihkan sungai. Mereka mengumpulkan dan membuang sampah ke tempat yang seharusnya.

Komunitas Santri Jogo Kali merupakan kumpulan relawan yang peduli dengan kebersihan sungai di Jombang. Sejak 2015, mereka kerap mengajak masyarakat untuk membersihkan sungai sebagai sumber kehidupan. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO