2016, Angka Kasus Perceraian di Kabupaten Blitar Kembali Didominasi Guru dan Bidan

2016, Angka Kasus Perceraian di Kabupaten Blitar Kembali Didominasi Guru dan Bidan

Listen to this article

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tahun 2016 ini kasus perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten kembali didominasi PNS dari lingkup dinas pendidikan dan dinas kesehatan. Di mana kebanyakan profesi mereka adalah guru dan bidan.

Menurut Sekretaris Inspektorat Kabupaten , Purwanto, hingga Bulan Agustus 2016, ada 14 Kasus perceraian PNS di Kabupaten masuk ke Inspektorat. "Sampai Agustus 2016, tercatat 14 kasus perceraian yg didominasi guru dan bidan," terang Purwanto, Sabtu (27/8).

Sementara untuk faktor sebab perceraian berdasarkan data inspektorat disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Mulai dari faktor hadirnya orang ketiga, atau perselingkuhan hingga faktor kesenjangan ekonomi.

"Penyebabnya macam-macam, mulai dari perselingkuhan hinga faktor ekonomi," tutur Purwanto.

Purwanto menambahkan dibandingkan tahun lalu kasus perceraian PNS tahun ini mengalami banyak penurunan, apabila dibandingkan tahun 2015 lalu. Karena pada tahun 2015 inspektorat mencatat sebanyak 37 kasus perceraian PNS, yang juga didominasi oleh kalangan PNS di lingkup dinas pendidikan dan dinas kesehatan Kabupaten .

"Tren kasus perceraian pada 2016 ini masih sama dengan tahun 2015 kemarin yang didominasi oleh pegawai lingkup Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan," imbuhnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, memang ada beberapa prosedur yang harus dilalui oleh para PNS dalam mengajukan proses cerai. Secara teknis, para PNS sebelum mengajukan cerai ke pengadilan harus mengajukan izin ke Bupati melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Inspektorat untuk dilakukan pembinaan.

“Ada izin secara prosedural yang harus mereka lalui, dan tentunya mereka akan diberikan pembinaan,” tutupnya. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO