Bupati Indartato: Masyarakat Harus Lebih Jeli ketika Membeli Produk Holland Bakery

Bupati Indartato: Masyarakat Harus Lebih Jeli ketika Membeli Produk Holland Bakery Indartato

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pacitan, H. Indartato, ikut berbicara seputar produk makanan Holland Bakery, khususnya jenis black forest yang disinyalir mengandung rum dan diharamkan dikonsumsi umat Islam. Dalam keterangan persnya, orang nomor satu di Pacitan itu mengatakan, apabila benar adanya kandungan zat yang dilarang dikonsumsi umat muslim pada salah satu produk Holland Bakery, masyarakat Pacitan diimbau lebih berhati-hati.

"Lebih baik dihindari, jangan membeli produk makanan yang memang mengandung zat-zat yang diharamkan," kata Indartato, Senin (12/9).

Baca Juga: Gus Afif Dukung UMKM Surabaya Bersertifikasi Halal

Bupati menyadari, sekalipun di Pacitan belum ada outlet roti pabrikan Belanda tersebut, namun tak sedikit masyarakat Pacitan yang bepergian ke luar kota, lantas membeli kue-kue produksi dari Holland Bakery untuk buah tangan atau dikonsumsi sendiri. Hal inilah yang perlu diwaspadai, seandainya benar ditemukan kandungan zat tertentu yang diharamkan dikonsumsi oleh umat Islam.

"Tugas kami hanya mengimbau kepada masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam membeli produk makanan. Kalau memang ada salah satu jenis roti pabrikan Holland Bakery yang disinyalir mengandung rum, ya lebih baik dihindari jangan dibeli," tegas kepala daerah dua periode tersebut.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono. Dia berpendapat, agar persoalan itu bisa disikapi secara empiris dan konservatif. Politisi Partai Demokrat ini khawatir, mencuatnya desas-desus seperti itu, hanya dilatari muatan persaingan bisnis. Namun, seandainya kabar itu benar adanya kandungan rum di dalam salah satu jenis roti buatan Holland Bakery, tentu masyarakat diharapkan lebih selektif lagi.

Baca Juga: Haram! Makan Daging Hewan Ternak yang Makan Darah Babi, MUI Larang Disertifikasi Halal

"Tugas kami hanya memberikan sosialisasi kepada masyarakat adanya produk makanan yang mungkin diharamkan dikonsumsi bagi umat muslim. Akan tetapi, semua itu perlu cek dan ricek dulu. Jangan sampai persoalan itu hanya dilatari masalah persaingan bisnis," timpal Ronny.

Putra mantan Bupati Pacitan, H. Suyono ini juga tak bisa bersikap otoriter terhadap semua usaha yang mungkin akan masuk ke Pacitan. Termasuk Holland Bakery, seandainya akan melakukan ekspansi usaha ke Pacitan, itu juga hak mereka dan harus dihargai. Akan tetapi sebaiknya, katanya, perusahaan makanan asal negara kincir angin tersebut, bersedia mencantumkan komposisi kandungan zat-zat tertentu di setiap produk roti yang hendak dipasarkan.

"Kalaupun itu ada kandungan rum, ya dicantumkan saja. Tentu masyarakat yang akan menyeleksi ketika hendak membeli roti besutan Holland Bakery. Yang muslim tentu akan menghindarinya. Sebaliknya yang non muslim, ya hak mereka akan membelinya ataukah tidak," tandasnya. (yun/lan)

Baca Juga: Kewajiban Sertifikasi Halal UMKM Ditunda 2026, Khofifah: Beri Kesempatan Pelaku Usaha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO