Pemkab Gresik Bantu Sukseskan Pelaksanaan TMMD ke-97 di Desa Ngabetan Cerme

Pemkab Gresik Bantu Sukseskan Pelaksanaan TMMD ke-97 di Desa Ngabetan Cerme Wabup Gresik, Moh.Qosim ketika penutupan TMMD ke-97. (ft-syuhud/bangsaonline)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0817 Gresik dan didukung oleh pemerintah Kabupaten Gresik yang dilaksanakan di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme sukses terlaksana.

Hal ini sesuai dengan yang ditargetkan oleh Kodim 0817 yang dimulai sejak tanggal 20 September 2016 dan berakhir pada tanggal 19 Oktober 2016. Untuk TMMD kali ini, menyuntikkan dana senilai Rp 2 miliar.

Berbagai macam insfrastruktur fisik berhasil dibangun. Di antaranya, pendalaman waduk Desa Ngabetan, pembangunan tanggul, pembangunan irigasi sekunder, pembangunan jaringan irigasi peningkatan usaha tani, renovasi musala, pembangunan gapura batas desa dan pembuatan MCK (mandi cuci dan kakus).

Selain itu, program TMMD juga melakukan pembangunan non-fisik. Di antaranya, adalah melakukan berbagai penyuluhan. Penyuluhan tersebut meliputi penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan KDRT, dan penyuluhan PKK.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengaku sangat mengapresiasi program TMMD yang sudah eksis sejak tahun 1980-an tersebut. Dulunya program itu bernama "Program ABRI Masuk Desa". Hingga saat ini program TMMD selalu menjadi kebutuhan di setiap daerah, karena manfaatnya bagi masyarakat begitu besar.

Kegiatan TMMD tersebut merupakan kegiatan lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah, Kemeterian, Lembaga Pemerintahan non kementerian dan masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO