Petrokimia Gresik Kembali Kucurkan Program Bestro

Petrokimia Gresik Kembali Kucurkan Program Bestro Penandatanganan perjanjian Beasiswa Petro (Bestro) kepada mahasiswa dan pelajar Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT (PG) melalui program Beasiswa Petro (Bestro) kembali memberikan bantuan pendidikan full cover kepada 9 mahasiswa S1 dan 25 siswa SMA asal Gresik.

Penerima Bestro adalah mahasiswa dan pelajar yang secara ekonomi kurang mampu, namun memiliki prestasi.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

Direktur SDM & Umum PG, Rahmad Pribadi menyatakan bahwa Bestro merupakan program dukungan PG terhadap pemerintah daerah dalam memajukan sektor pendidikan.

Selain itu, Bestro juga merupakan bentuk keinginan perusahaan untuk bisa tumbuh dan berkembang bersama warga sekitar perusahaan.“Kami berkeinginan, seiring dengan perkembangan perusahaan, masyarakat di sekitar perusahaan juga ikut tumbuh dan berkembang,” ujar Rahmad Pribadi usai penandatanganan perjanjian beasiswa di Gresik, Jumat (28/10).

Lebih lanjut Rahmad Pribadi menjelaskan, bahwa proses seleksi Bestro dimulai dari sosialisasi di seluruh SMA dan SMP/MTs di Kecamatan Gresik, Manyar, dan Kebomas pada Mei 2016.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Berdasarkan hasil survei dan evaluasi terhadap proposal dari sekolah, maka ditetapkan 9 mahasiswa S1 dan 25 pelajar SMA untuk menerima Bestro.

Kesembilan mahasiswa tersebut kini tersebar di 3 perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) sebayak 4 orang, Universitas Airlangga (Unair) 2 orang, dan Universitas Brawijaya (Unibraw) 3 orang.

Sedangkan 25 pelajar SMA Bestro kini tersebar di sejumlah SMA favorit di Kabupaten Gresik.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Mahasiswa dan siswa SMA penerima beasiswa pada hari ini masing-masing merupakan angkatan ke-4 dan ke-3 Bestro, terhitung sejak Bestro pertamakali diluncurkan pada 2013.

Adapun sepanjang tahun 2016, total penerima Bestro telah mencapai 74 mahasiswa S1 dan 122 siswa SMA, MTs, dan SMP.

Dalam perjanjian ini, Bestro S1 akan diberikan dalam waktu maksimal 4 tahun, terhitung sejak 1 Juli 2016 s.d 30 Juni 2020 total senilai Rp 868 juta.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

Sedangkan Bestro SMA diberikan dalam waktu maksimal 3 tahun, terhitung sejak 1 Juli 2016 s.d 30 Juni 2019 total senilai Rp 725 juta.

Dengan demikian, total Bestro yang akan disalurkan mencapai Rp1,59 miliar. “Kami berharap bantuan ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa penerima Bestro untuk mewujudkan cita-cita dan meningkatkan taraf kehidupan diri dan keluarganya,” pungkasnya.(hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO