Khofifah: Muslimat Bisa Bermitra dengan Kemenkop dan UKM serta Kemenag

Khofifah: Muslimat Bisa Bermitra dengan Kemenkop dan UKM serta Kemenag Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa membuka Expo UMKM Kongres Muslimat NU di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, Rabu (23/11). Expo UMKM merupakan rangkaian dalam rangka acara Kongres Muslimat NU ke XVII yang digelar mulai kemarin (23/11) hingga 27 November 2016.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kongres ke-17 NU dimulai. Forum tertinggi lima tahunan Banom (badan otonom) perempuan NU itu akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (24/11) besok pukul 09.00 WIB.

“Kami sudah mendapat konfirmasi, insyaallah presiden berkenan membuka kemudian dilanjutkan Panglima TNI (Jenderal TNI Gatot Nurmantyo) dan ditutup oleh Pak Wapres (Jusuf Kalla) pada tanggal 26,” tutur Ketua Umum PP NU, Indar Parawansa usai membuka expo rangkaian kongres, Rabu (23/11).

Baca Juga: Pekerja MPS Tuban Mantap Pilih Khofifah, Gubernur Paling Berpihak pada Industri Padat Karya SKT

Selain presiden dan Panglima TNI, sejumlah menteri Kabinet Kerja juga akan hadir untuk mengisi materi. Selama ini, kementerian yang dibawahi para menteri tersebut memang memiliki keterkaitan langsung dengan layanan di NU yang sejalan dengan nomenklatur pemerintah.

Di bidang kesehatan, NU memiliki YKMNU (Yayasan Kesejahteraan NU) yang mengelola panti asuhan, rumah sakit serta klinik.

Ada 144 panti asuhan yang dikelola NU, 108 klinik dan yang sekarang sedang dikembangkan yakni klinik hemodialisis (cuci darah). “Maka sebetulnya mitra utamanya adalah Kementerian Kesehatan,” katanya.

Baca Juga: Khofifah Hadiri Peringatan Maulid Nabi dan Pelantikan Muslimat NU Tuban

Di bidang pendidikan, NU memiliki 9.900-an TK dan RA (Raudhatul Athfal), 6.600 PAUD dan 15.600 TPQ. “Maka mitra prioritas adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Sosial,” tambah yang juga menjabat Menteri Sosial.

Terkait expo yang dibuka hari ini, hingga kini di Indonesia baru ada tiga induk koperasi wanita yakni Inkowapi (milik Iwapi), Ikopwan milik Kowani dan Inkopan (Induk Koperasi Annisa’) milik NU. “Maka mitra prioritas adalah Kementerian Koperasi dan UMKM,” jelasnya.

Mitra berikutnya adalah Kementerian Agama karena NU memposisikan diri sebagai jamiyah diniyah ijtima’iyah (organisasi sosial keagamaan) yang di dalamnya terdapat payung himpunan da’iyah dan majelis taklim. Hingga kini ada 59.600-an majelis taklim di bawah NU.

Baca Juga: Bersama Cabup Halindra Blusukan ke Pasar Tradisional Tuban, Khofifah Banjir Doa dan Dukungan

“Jadi kementerian-kementerian ini menjadi mitra strategis karena layanan NU tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.

Sehingga, lanjut , berbagai kemitraan apakah yang berasal dari government maupun non government, dari dalam dan luar negeri, menjadi penting untuk membangun jejaring dari seluruh layanan yang selama ini menjadi khidmat NU.

“Kami juga sedang mengembangkan piloting di beberapa daerah lewat usaha-usaha ekonomi kreatif. Jadi dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan, sesungguhnya kami juga telah membangun kemitraan cukup lama,” jelasnya.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Gubernur Jatim M Noer di Sampang, Cipung Apresiasi Kinerja Khofifah Periode Pertama

Tak hanya itu, NU juga melakukan upaya terkait berbagai macam ikhtiar untuk menjadi bagian kontributif secara solutif dari berbagai permasalah penyakit sosial kemasyarakatan.

“Dari Maret lalu di Kota Malang secara nasional kami mendeklarsikan Laskar Anti Narkoba dan sekarang 34 provinsi telah melakukannya. Di beberapa cabang sudah dilakukan, bahkan sudah ada pelantikan laskar bukan lagi deklarasi,” jelasnya.

Hal ini akan terus dikuatkan jajaran NU di lini paling bawah. Mereka disiapkan sebagai penyuluh dan motivator karena memang rata-rata para da’iyah, ustadzah maupun penceramah.

Baca Juga: Khofifah Dukung Aspirasi Pedagang, Pertahankan Pasar Tradisional Srimangunan Sampang

“Sehingga misi dan message terkait pencegahan di hulu dari penyalahguna napza, kita berharap bisa memberikan kontribusi secara lebih signifikan di lini paling bawah,” tuntasnya. (mnu/lan)

Sumber: muslimat-nu.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO