Proyek DPU Gresik di Tahun 2016 yang Belum Terbayar Capai Rp 68 M

Proyek DPU Gresik di Tahun 2016 yang Belum Terbayar Capai Rp 68 M Bambang Isdianto, Kepala DPU dan Tata Ruang Pemkab Gresik

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Beberapa proyek di lingkup DPU (Dinas Pekerjaan Umum) dan Tata Ruang Pemkab Gresik pada tahun 2016 lalu ternyata ada yang belum terbayar meski proyek tersebut sudah rampung dikerjakan oleh rekanan/kontraktor.

Proyek itu baik berupa proyek jalan, bangunan, penerangan jalan umum, saluran air, maupun proyek lain. Tidak tanggung-tanggung, jumlah proyek yang belum terbayar di tahun 2016 mencapai Rp 68 miliar.

"Benar, proyek yang belum terbayar di tahun 2016 hingga saat ini mencapai Rp 68 miliar lebih," kata salah satu pejabat di lingkup DPU dan Tata Ruang kepada BANGSAONLINE.com, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut merugikan para rekanan atau kontraktor. Pasalnya banyak di antara mereka yang mendapatkan modal untuk mengerjakan proyek dengan cara hutang bank. Akibatnya, kini para rekanan terus dikejar-kejar oleh bank bersangkutan.

Sementara Kepala DPU dan Tata Ruang Pemkab Gresik Ir. Bambang Isdianto mengakui jika ada sejumlah proyek di tahaun yang belum terbayar.

Menurut dia, DPU dan Tata Ruang tidak bisa membayar proyek tersebut karena di APBD 2016 anggarannya tidak cukup.

"Untuk itu, diputuskan untuk pembayaran proyek tersebut dilakukan dengan menggunakan APBD Tahun 2017. Tidak ada persoalan proyek tahun 2016 yang belum terbayar dibayar dengan menggunakan APBD 2017," jelas mantan kepala Bappeda ini.

Pembayaran proyek tersebut diambilkan dari jatah anggaran sejumlah proyek yang diprogramkan di tahun 2017. Konsekuensinya, beberapa proyek yang terlanjur dianggarkan pada tahun 2017 urung dikerjakan. Proyek itu di antaranya, pembangunan kawasan wisata religi di Alun-Alun Gresik senilai Rp 20 miliar dan proyek pembangunan gedung baru DPRD Gresik tahap awal sebesar Rp 14 miliar dan sejumlah proyek lain.

"Ya terpaksa proyek-proyek itu ditunda pengerjaannya karena anggarannya dialihkan untuk nalangi proyek-proyek yang belum terbayar di tahun 2016," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO