Ubah Puskesmas Grati Menjadi RS, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 29 Miliar

Ubah Puskesmas Grati Menjadi RS, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 29 Miliar Dr Agung Basuki, Kepala Dinkes Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemkab untuk membangun puskesmas Grati menjadi rumah sakit dipastikan akan berjalan mulus. Hal itu seiring dengan disiapkannya anggaran puluhan miliar rupiah pada 2017 ini.

Proses pembangunan RS Grati sendiri sejatinya sudah mulai dilakukan pada akhir 2016 berupa proyek pengurukan lahan melalui P-APBD Rp 5,4 Miliar.

Baca Juga: Upaya Tingkatkan Angka Harapan Hidup, RSUD Bangil Tambah Ruang Medis Anak

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Dr Agung Basuki, bahwa untuk mewujudkan pembangunan RS tersebut, Pemkab Pasuruan sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 29 Miliar lebih. Dana tersebut rencana akan dipergunakan untuk pembangunan gedung lantai dua.

“Siang tadi, ada rapat yang dipimpin sekda terkait pembangunan RS Grati yang pada intinya evaluasi dan persiapan pelaksanaan pembangunannya,“ jelas mantan Dirut RSUD Bangil ini saat dikonfirmasi via seluler.

Ia menambahkan, sesuai rencana, dalam rapat itu dibahas jadwal pelaksanaan pembangunan mega proyek yang diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret nanti.

Baca Juga: Perawatan Akses Jalan ke RSUD Bangil Gunakan Anggaran Internal

"Tahapan saat ini masih dalam proses lelang konsultan perencanaan di BLP (Badan Layanan Pengadaan, red). Untuk pengasawasan pembangunan sudah dilakukan pada tahun lalu bersamaan proyek pengurukan," jelasnya.

Lebih jauh Agung menjelaskan, karena anggaran pembangunan nilainya cukup besar, maka untuk persiapan pembangunan sendiri dilakukan secara cermat dan teliti. Ia berharap pada akhir tahun 2017 nanti gedung tersebut sudah selesai dan bisa difungsikan untuk pelayannan kesehatan kepada masyarakat.

Terpisah, anggota komisi IV H Juarianto yang dikonfirmasi Bangsaonline.com mengatakan pihaknya mendukung rencana pembangunan RS Grati. Namun ia mewanti-wanti agar pembangunan harus rampung pada tahun 2017. Hal ini agar Pemkab Pasuruan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Kepuasan Masyarakat pada RSUD Bangil Turun, ini Saran Ketua Komisi IV

"Kita akan mendukung agar pemkab Pasuruan segara merealisasikan pembangunan RS Grati agar warga di wilayah Timur tidak jauh-jauh ke RSUD Bangil untuk mendapatkan layanan kesehatan," jelas politisi Gerindra ini. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO