Tergerus Longsor, Rumah di Pinggir Sungai Bengawan Solo Dibongkar Paksa

Tergerus Longsor, Rumah di Pinggir Sungai Bengawan Solo Dibongkar Paksa Rumah yang dibongkar paksa karena lahan tergerus Bengawan Solo. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BAGSAONLINE.com - Sebuah rumah di Dusun Mbaru, Desa Banjarjo, Kecamatan Padangan, Bojonegoro dibongkar paksa setelah tanah di pinggir rumah mengalami longsor. Rumah itu milik Maryoto, letaknya persis di pinggir Sungai Bengawan Solo.

"Tebing mengalami longsor setelah tergerus air saat naik mulai kemarin," ujar Kasi Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Bojonegoro, Sukirno, Jumat (3/3).

Baca Juga: Disnakkan Bojonegoro Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Longsor tersebut hampir mendekati bangunan rumah milik Maryoto. Jarak longsoran dengan rumah Maryoto hanya 0,5 meter. Sedangkan panjang longsoran 25 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Untuk menghindari kerugian material, selanjutnya masyarakat bergotong-royong membongkar rumah tersebut. Sementara Maryoto tinggal di rumah kosong milik saudaranya.

"Memang saat ini banyak tebing sungai yang mengalami longsor, baik disebabkan tergerus air sungai juga karena diguyur hujan," terang Sukirno.

Baca Juga: Pj Bupati Bojonegoro Serahkan SK Perpanjangan Jabatan Kades

Ia menambahkan, selain di kecamatan Padangan itu, tanggul longsor juga terjadi di Kecamatan Kanor. Tercatat ada tujuh titik tanggul yang mengalami longsor. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO